Kompas TV nasional hukum

Teddy Minahasa Mangkir sebagai Saksi di Sidang Kasus Narkotika Hari Ini, Alasan Sakit

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 16:34 WIB
teddy-minahasa-mangkir-sebagai-saksi-di-sidang-kasus-narkotika-hari-ini-alasan-sakit
Mantan Kapolda Sumatra Barat Irjen Pol Teddy Minahasa keluar dari mobil tahanan untuk menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Jakarta, Kamis (2/2/2023). Teddy Minahasa didakwa memperjualbelikan barang bukti narkotika jenis sabu sitaan seberat 5kg. (Sumber: Antara Foto/Sigid Kurniawan)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdakwa kasus narkotika, Teddy Minahasa tak datang sebagai saksi di sidang terdakwa Dody Prawiranegara dan Linda Pudjiastuti di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat (Jakbar), Rabu (22/2/2023).

Padahal, sebelumnya jaksa penuntut umum (JPU) telah memanggil Teddy untuk hadir sebagai saksi mahkota dalam perkara ini. 

"Saksi atas nama Teddy Minahasa kami telah panggil secara patut dan layak, namun tadi pagi saksi Teddy Minahasa merasa kurang sehat," kata JPU, Rabu (22/2) sore.

Meski dokter menyatakan bahwa Teddy Minahasa bisa beraktivitas, jaksa menyebut mantan Kapolda Sumatra Barat itu tetap bersikeras bahwa dirinya sakit sehingga tak bisa hadiri sidang sebagai saksi.

"Hasil pemeriksaan dokter terhadap saksi menyatakan Teddy Minahasa dapat melakukan aktivitasnya, tetapi saksi menyatakan tetap dalam keadaan kurang fit atau kurang sehat, sehingga tidak dapat hadir sebagai saksi dalam persidangan ini," ujar jaksa.

Mendengar penjelasan JPU, penasihat hukum terdakwa Dody, Adriel Vieri Purba merasa keberatan apabila Teddy Minahasa mangkir dari panggilan JPU untuk menjadi saksi di sidang kliennya.

"Kami keberatan kalau Teddy Minahasa mangkir terhadap panggilan dari JPU, Yang Mulia, karena kalau dia sakit, harusnya ada keterangan dari dokter Polri atau dokter Kejaksaan Agung  yang menyatakan kalau dia sakit," ujarnya.

Baca Juga: Kesaksian Kompol Kasranto di Kasus Teddy Minahasa: Merasa Aman Jual Sabu karena Barang Jenderal

Ia lantas meminta JPU untuk menunjukkan surat keterangan sakit Teddy Minahasa ke depan majelis hakim dan penasihat hukum.

"Mohon untuk dihadirkan surat sakitnya, Yang Mulia, kalau memang dia benar-benar sakit," ucapnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x