Kompas TV nasional update

Begini Pesan Terakhir Dosen UII kepada Istrinya Sebelum Hilang Kontak di Istanbul Turkiye

Kompas.tv - 19 Februari 2023, 07:46 WIB
begini-pesan-terakhir-dosen-uii-kepada-istrinya-sebelum-hilang-kontak-di-istanbul-turkiye
Ilustrasi seseorang menerima pesan di gawai pintar (smartphone). Dosen UII yang hilang kontak di Istanbul Turkiye, Ahmad Munasir Rafie Pratama, mengirim pesan kepada istrinya pada 12 Februari 2023 yang rupanya menjadi pesan terakhir sebelum hilang kontak. (Sumber: Photo by Magnet.me on Unsplash)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pesan terakhir dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama kepada sang istri menyebutkan bahwa ia tengah menunggu untuk naik ke pesawat (boarding) di Istanbul pada Minggu (12/2/2023).

Rafie yang juga dosen Jurusan Informatika itu mengirim pesan kepada sang istri yang berbunyi: ‘menunggu boarding’. 

Sekretaris Eksekutif UII Hangga Fathana menerangkan, tak ada lagi pesan dari dosen yang akrab disapa Rafie itu setelah pesan tersebut.

"Sejak saat itu, Bapak Rafie tidak pernah mengirimkan pesan lagi," terang Hangga, dilansir dari video Kompas.com, Sabtu (18/2/2023).

Berdasarkan keterangan tertulis Rektor UII Fathul Wahid, pihaknya telah melakukan penggalian jejak digital yang menunjukkan bahwa Rafie telah meninggalkan Oslo, Norwegia dan berada di Istanbul, Turkiye pada 12 dan 13 Februari 2023.

"Penggalian jejak digital memastikan bahwa Ahmad Munasir Rafie Pratama sudah meninggalkan Oslo, Norwegia dan sudah berada di Istanbul, Turki," ungkapnya, Sabtu (18/2).

Baca Juga: Dosen UII yang Hilang Kontak di Turkiye Belum Respons Berbagai Pesan Daring dari Kampus dan Keluarga

Pihak UII menemukan adanya aktivitas sign out Google Drive dari gawai Rafie pada 13 Februari pukul 03.57 waktu setempat.

Selain itu, jejek digital Rafie juga menunjukkan adanya sambungan Internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke kampus UII. 

Lokasi aksesnya di sekitar Istanbul, pada 12 Februari 2023 sekitar pukul 19.00-23.00 waktu setempat.

Sementara itu, kepolisian di Oslo memastikan, catatan pihak imigrasi di bandara Oslo menunjukkan bahwa Rafie sudah tidak berada di wilayah Schengen pada 12 Februari 2023.

Fathul mengaku, pihaknya belum dapat memastikan keberadaan Rafie. Guna memastikan apakah Rafie telah meninggalkan Istanbul, pihaknya masih menunggu informasi dari Turkish Airline.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x