Kompas TV nasional rumah pemilu

Approval Rating Jokowi Tinggi, Pilihannya dalam Pilpres 2024 Dinilai Bisa Sangat Berpengaruh

Kompas.tv - 17 Februari 2023, 22:05 WIB
approval-rating-jokowi-tinggi-pilihannya-dalam-pilpres-2024-dinilai-bisa-sangat-berpengaruh
Presiden Joko Widodo atau Jokowi berfoto bersama masyarakat saat menghadiri peringatan Hari Pers Nasional di Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). (Sumber: presidenri.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinilai punya pengaruh besar pada Pilpres 2024 karena mempunyai approval rating atau tingkat kepuasan publik yang tinggi. 

Saat ini, Jokowi disebut condong ke Prabowo Subianto jika dilihat dari kedekatan yang ditunjukkan keduanya belakangan ini. 

Meski begitu, Jokowi juga dinilai tidak hanya memberikan perhatiannya kepada Prabowo, melainkan juga kepada sejumlah calon potensial lainnya. 

"Kalau kita lihat apa yang disampaikan Presiden Jokowi dalam beberapa bulan, memang terlihat Presiden Jokowi memberikan perhatian atau atensi lebih kepada Prabowo Subianto," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi dalam program Kompas Petang Kompas TV, Jumat (17/2/2023). 

"Sebelumnya ada beberapa sinyal atau gesture yang mendukung Ganjar Pranowo tetapi biasanya pakai kode misalnya rambut putih."

"Dalam konteks dukungan atau endorsement kepada Prabowo, itu beliau memakai, kalau dalam pendekatan komunikasi politik, namanya low context yaitu suatu bahasa atau analogi yang mudah dicerna oleh publik tanpa harus memikirkan analogi yang rumit."

"Nah pertanyaan apakah spesial buat Pak Prabowo? Ya enggak juga," lanjutnya. 

"Gesture yang hangat juga beliau tunjukkan mungkin kepada Ganjar Pranowo, Puan Maharani atau Airlangga Hartarto tapi tidak ke Anies Baswedan." 

Baca Juga: Jokowi Makin Dekat dengan Prabowo, FX Rudy: Hal yang Sangat Wajar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x