Kompas TV nasional hukum

Apakah Sebaiknya Jaksa Ajukan Banding atas Putusan Richard Eliezer? Ini Kata Sejumlah Tokoh

Kompas.tv - 16 Februari 2023, 06:10 WIB
apakah-sebaiknya-jaksa-ajukan-banding-atas-putusan-richard-eliezer-ini-kata-sejumlah-tokoh
Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Terdakwa Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J Divonis (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah tokoh berpendapat sebaiknya jaksa yang menangani perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofroansyah Yosua Hutabarat, tidak mengajukan banding atas vonis yang diterima oleh Richard Eliezer.

Djoko Sarwoko, Hakim Agung periode 2004-2012 mengatakan, posisi kejaksaan sebenarnya mewakili kepentingan negara dan publik.

“Posisi kejaksaan itu kan sebenarnya juga mewakili kepentingan negara dan publik, termasuk kepentingan si pelaku dan korbannya,” tuturnya dalam Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (15/2/2023).

Pada vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim pada Richard Eliezer, salah satu pelaku pembunuahn Yosua, yakni pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan, mungkin tidak menggembirakan bagi jaksa.

Baca Juga: Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dan Ricky Rizal Jadi Pihak Terduga yang Curi Uang dan Barang Yosua

“Namun demikian, kalau melihat kondisi perkembangan hukum, perkembangan rasa keadilan di masyarakat seperti sekarang ini, menurut saya pribadi, lebih baik jaksa tidak perlu banding.”

Sementara, Prof Sulistyowati Irianto selaku guru besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), mengingatkan bahwa kasus Yosua ini memiliki banyak dimensi.

Salah satunya, kata dia adalah terkait dengan indeks negara hukum.

“Tadi saya bicarakan dengan mahasiswa di kelas, bagaimana indeks negara hukum itu? Pertama, dikaitkan dengan adanya fair trial,” tuturnya.

“Kasus ini menunjukkan kepada kita bahwa fair trial terjadi. Di mana masyarakat bisa mengikuti secara detail, jelas, tidak ada yang bisa ditutupi.”

Kedua, lanjut dia, fair trial adalah bagaimana putusan dari hakim itu bisa diprediksi dari awal.

Mengenai pengajuan banding oleh jaksa atas putusan terhadap Richard, ia menyebut banyak hal yang harus diperhatikan.

“Tadi dikatakan haknya jaksa ya, tapi saya kira itu harus diperhatikan, kita mau enggak menegakkan apa yang dicita-citakan bersama, reformasi hukum, lalu negara kita memiliki indeks rule of law yang baik karena kasus besar ini.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x