Kompas TV nasional agama

PBNU Gelar Muktamar Internasional Fikih Peradaban saat Momen Satu Abad NU

Kompas.tv - 4 Februari 2023, 15:31 WIB
pbnu-gelar-muktamar-internasional-fikih-peradaban-saat-momen-satu-abad-nu
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya. Panitia satu abad NU bakal menggelar Muktamar Internasional Fikih Peradaban di Surabaya pada Senin (6/2/2023). (Sumber: Panitia Satu Abad NU)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Muktamar Internasional Fikih Peradaban I akan digelar di Hotel Shangri-La Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (6/2/2023). Muktamar tersebut merupakan rangkaian pagelaran Satu Abad NU. Lantas kenapa harus ada agenda tersebut?

Wakil Ketua Panitia Ahmad Ginanjar Sya'ban menyebut agenda ini adalah forum para ahli hukum dan mufti dari berbagai negara yang akan membicarakan berbagai isu modern.

Mulai dari konsep Islam tentang negara modern, soal relasi dengan non-muslim, hingga terkait tata politik global.

Agenda ini akan dihadiri sekitar 300 ulama dengan menghadirkan 15 ulama sebagai pembicara kunci, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Muktamar Internasional Fikih Peradaban I adalah forum internal umat Islam seluruh dunia yang merupakan lanjutan dari G20 Religion Forum atau biasa disebut Religion Twenty (R20).

Forum R20 yang melibatkan pemimpin agama-agama di dunia dan telah digelar pada November 2022 lalu. 

"Perhelatan internasional ini menjadi bagian tak terpisahkan dari misi PBNU untuk mendorong umat Islam di seluruh dunia turut memikirkan problem internal umat Islam sendiri," kata Wakil Ketua Panitia Ahmad Ginanjar Sya'ban di Jakarta, Sabtu (4/2/2023).

"Lalu memberikan solusi konkret bagi masa depan peradaban dunia melalui norma-norma fikih," jelasnya. 

Baca Juga: PBNU Beri Penghargaan Anugerah Satu Abad Nahdlatul Ulama, Ini Daftar Lengkapnya

Ide Gus Yahya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x