Kompas TV nasional peristiwa

Megawati Hadiri Pelantikan Wali Kota Semarang

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 17:49 WIB
megawati-hadiri-pelantikan-wali-kota-semarang
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menghadiri pelantikan Hevearita Gunaryanti Rahayu menjadi Wali Kota Semarang, Senin (30/3/2023) (Sumber: Tangkapan layar Youtube Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI Perjuangan Mengawati Soekarnoputri menghadiri acara pelantikan Plt. Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu alias Ita, Senin (30/1/2023).  Ita menjadi satu dari lima perempuan yang menjabat kepala daerah di Jawa Tengah. 

"Saya pikir ada yang spesial, karena memang hari ini adalah pelantikan Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang," kata Dedi Sitorus, politikus PDIP, dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Senin (30/1/2023). "Beliau adalah salah satu dari lima kepala daerah perempuan di jawa Tengah."

Menurut Dedi, Ita merupakan salah satu kader PDIP yang dalam pandangan Megawati, sangat sigap dalam merespons atau mengimplementasikan arahan Ketua Umum PDIP tersebut.

Baca Juga: Dihadiri Megawati, Ganjar Resmi Lantik Hevearita Gunaryanti Jadi Wali Kota Semarang

"Misalnya soal pangan, beliau langsung melakukan berbagai aktivitas, termasuk menerbitkan buku untuk pangan alternatif dan sebagainya."

"Yang saya bilang itu sangat khusus itu, alasan itu. Ini salah satu menunjukkan bahwa ibu peduli pada kader-kadernya yang berprestasi," imbuh Dedi. 

Alasan lain, kata Dedi, Ita merupakan sosok perempuan, dan sudah dua periode menjabat sebagai Wakil Wali Kota Semarang mendampingi Hendrar Prihadi.

Mereka berduet tanpa pernah terdengar memiliki konflik, seperti sejumlah kepala daerah dan wakil kepala daerah lainnya. 

"Sudah dua periode menjadi Wakil Wali Kota Semarang bersama Pak Hendy, dan tidak pernah kita dengar konflik seperti yang banyak terjadi di daerah lain."

Saat ditanya, apakah kehadiran Megawati bukan karena ingin bertemu secara langsung dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo? Dedi tegas membantah.

Baca Juga: Megawati Dijadwalkan Hadiri Pelantikan Wali Kota Semarang, Mbak Ita Deg-degan

Menurut Dedi, jika Megawati ingin bertemu langsung dengan Ganjar, ia bisa memanggilnya sewaktu-waktu.

"Kalau mau ketemu Pak Ganjar kan anytime bisa dipanggil, dan bisa berkomuniksi, tidak harus ibu jauh-jauh ke Semarang."

"Tetapi ibu juga ingin menunjukkan pada kader-kader gitu ya, mereka yang sigap, mereka yang merespons dengan cepat, dan menerjemahkan dengan baik apa yang diperintahkan oleh ketua umum dalam menjalankan pemerintahan." urainya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x