Kompas TV nasional politik

Dihadiri Megawati, Ganjar Resmi Lantik Hevearita Gunaryanti Jadi Wali Kota Semarang

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 13:47 WIB
dihadiri-megawati-ganjar-resmi-lantik-hevearita-gunaryanti-jadi-wali-kota-semarang
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melantik Hevearita Gunaryanti Rahayu menjadi Wali Kota Semarang, Senin (30/1/2023). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo resmi melantik kader PDIP Hevearita Gunaryanti Rahayu menjadi Wali Kota Semarang menggantikan Hendrar Prihadi pada Senin (30/1/2023).

Hendrar ditarik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada Oktober 2022. 

Baca Juga: Megawati Dijadwalkan Hadiri Pelantikan Wali Kota Semarang, Mbak Ita Deg-degan

Ia menduduki jabatan tersebut menggantikan Abdullah Azwar Anas yang digeser menjadi Menteri PAN-RB menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo.

Dalam pelantikan itu turut dihadiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. 

"Apakah saudari bersedia diambil sumpahnya? Menurut agama apa?" tanya Ganjar.   

"Bersedia (diambil sumpah menurut agama) Islam," jawab Hevearita. 

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menghadiri pelantikan Hevearita Gunaryanti Rahayu menjadi Wali Kota Semarang, Senin (30/3/2023) (Sumber: Tangkapan layar Youtube Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. )

Ganjar mengatakan, sumpah ini harus dijalani dengan penuh tanggungjawab oleh Hevearita dalam menjalani tugas sebagai orang nomor satu di Semarang tersebut.

"Selanjutnya, saya perlu mengingatkan bahwa sumpah yang saudari ucapkan mengandung tanggungjawab kepada negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelematkan Pancasila, tanggun jawab terhadap kesejahteraan rakyat." 

"Sumpah ini di samping disaksikan oleh diri sendiri dan oleh semua yang hadir sekarang, penting untuk disadari sumpah ini disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sumpah ini diucapkan secara sadar dan sungguh-sungguh," ujarnya.

Baca Juga: Puja-puji Ridwan Kamil untuk PDIP, Bikin Pantun untuk Megawati dan Bangun Klinik Inggit Ganarsih

Selanjutnya Ganjar membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Hevearita secara khidmat.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wali Kota Semarang dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala UUD dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata Ganjar yang diikuti oleh Hevearita. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x