Kompas TV nasional sosok

Mantan Napi Terorisme Ali Fauzi Meraih Gelar Doktor dengan Predikat Cum Laude

Kompas.tv - 19 Januari 2023, 16:04 WIB
mantan-napi-terorisme-ali-fauzi-meraih-gelar-doktor-dengan-predikat-cum-laude
Ali Fauzi, mantan napi terorisme, saat menjalani sidang doktoral jurusan pendidikan Islam di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Selasa (17/1/2023). Ali berhasil menyelesaikan studi doktornya di UMM. (Sumber: Muhammadiyah)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Edy A. Putra

MALANG, KOMPAS.TV - Ali Fauzi, mantan napi terorisme (napiter) yang pernah dihukum karena terlibat dalam jaringan Jamaah Islamiyah (JI), berhasil menyelesaikan studi doktornya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Selasa (17/1/2023).

"Alhamdulillah dapat predikat cum laude," kata mantan perakit bom ini kepada KOMPAS TV, Kamis (19/1/2023).

Perjuangan untuk menyelesaikan studi doktor itu terbilang berdarah-darah. Katanya, dia menyelesaikannya dalam tempo 3,6 tahun di tengah deraan penyakit vertigo yang dideritanya.

Baca Juga: Ali Fauzi Ajak Mantan Pelaku Aksi Teror jadi Petani Kurma

Namun perjuangannya itu kini terbayar lunas lewat disertasi berjudul Edukasi Moderasi Beragama Bagi Para Mantan Napiter.


Lebih lanjut, pria yang disapa Ali itu mengatakan memang berfokus pada subjek eks napiter. Mulai dari proses perekrutan, radikalisasi, hingga aksi berupa penembakan dan pengeboman.

Ia menilai pemahaman teks Islam yang tidak sesuai dengan konteks Indonesia, telah menenggelamkan mereka ke dalam gerakan radikal fundamental yang berujung pada terorisme. 

“Namun kini para napiter telah menyadari kesalahan mereka yang telah melakukan tindakan merugikan pihak lain dan mengakhirinya,” katanya.

Menurut Ali, moderasi beragama membuat mereka membuka pikiran dan sadar. Terutama akan hak-hak orang lain yang berbeda pemahaman maupun agama di Indonesia.

Pemaknaan Islam secara moderat dan humanis menenangkan batin bagi kehidupan mantan napiter.

Sementara UMM yang menjadi tempat Ali menyelesaikan studi S3-nya, dinilai terbuka untuk siapa pun.

Prof. Akhsanul In’am, Ph.D. selaku Direktur Program Pascasarjana UMM, mengapresiasi disertasi yang disusun oleh Ali Fauzi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x