Kompas TV nasional rumah pemilu

Menyongsong Pemilu 2024, PKB Gelar Ijtima Ulama Nusantara, Meneguhkan Agenda Politik

Kompas.tv - 13 Januari 2023, 10:22 WIB
menyongsong-pemilu-2024-pkb-gelar-ijtima-ulama-nusantara-meneguhkan-agenda-politik
Ilustrasi kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Sumber: KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar Ijtima Ulama Nusantara pada Jumat (13/11/2023) hingga Sabtu (14/01/2023). 

Acara ini merupakan forum silaturahmi dan konsolidasi gagasan dan pandangan konstruktif para ulama, kiai, dan pimpinan pondok pesantren di tanah air dalam menghadapi Pemilu 2024. 

Baca Juga: DPR, Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu Sepakat Pemilu 2024 Berdasar UU No 7 Tahun 2017

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, musyawarah para ulama dari seluruh wilayah Indonesia ini adalah bagian dari perhatian para ulama bagi PKB. 

"Saya memberikan apresiasi kepada Dewan Syura DPP PKB yang mengadakan Ijtima Ulama Nusantara. Tentunya pokok-pokok pikiran, saran, dan masukan para ulama ini sangat kita perlukan bagi kemajuan bangsa. Empat ratusa hari menuju Pileg dan Pilpres 2024, PKB sangat membutuhkan nasehat dan bimbingan Para Ulama untuk kemenangan dan kejayaan PKB" kata pria yang karib disapa Cak Imin itu, Jumat (13/01/2023).


 

Sementara itu, Sekretaris Dewan Syura DPP PKB KH Saifullah Maksum mengatakan, Ijtima Ulama ini seperti reuni para tokoh PKB sebagai partai yang dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama. 

Ia menambahkan, penyelenggaraan Ijtima Ulama Nusantara ini juga memastikan bahwa kinerja dan program PKB selalu dalam pengawalan dan arahan dari para ulama, serta memantapkan keterpautan perkhidmatan para ulama dengan kehidupan kebangsaan dan masalah keumatan. 

"Selain itu, Ijtima Ulama Nusantara diharapkan menyamakan visi tentang perjuangan politik PKB sebagai wasilah mewujudkan cita-cita luhur mu‘assis Nahdlatul Ulama."

"Meneguhkan soliditas dan kebersamaan para ulama dengan misi perjuangan dan agenda politik PKB, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang," kata Syaifullah Maksum. 

Sebagai informasi, Ijtima Ulama Nusantara ini bakal dihadiri oleh para tokoh nasional yang pernah berkiprah di PKB sejak partai ini berdiri seperti Wakil Presiden KH Maruf Amin dan Menko Polhukam RI Mahfud MD yang pernah menjadi kader PKB sejak tahun 1998. 

Nama lain yang akan hadir juga adalah Alwi Shihab yang pernah menjadi Ketua Umum PKB pada tahun 2002 lalu. 

Alwi Shihab pun pernah menjabat sebagai menteri luar negeri pada tahun 1999 sampai 2001. 

Satu lagi tokoh yang hadir adalah Ali Masykur Musa. Cak Ali, begitu biasa ia disapa, pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PKB di DPR.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga diundang dalam forum tersebut.

Dijadwalkan hadir pula dalam kesempatan itu KH Said Aqil Siradj dan Dahlan Iskan.

Sementara sebagai narasumber ada Menaker Ida Fauziah, Pengamat Politik Burhanudin Muhtadi, serta Badriyah Fahyumi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x