Kompas TV nasional kesehatan

Vaksin Covid-19 untuk Bayi dan Anak Akhirnya akan Diberikan Secara Gratis

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 08:47 WIB
vaksin-covid-19-untuk-bayi-dan-anak-akhirnya-akan-diberikan-secara-gratis
Konferensi Pers: Kinerja 2022 dan Program Kerja 2023 Kementerian Kesehatan RI (Sumber: Youtube Kementerian Kesehatan RI)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah akan memberikan vaksin Covid-19 comirnaty children yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech untuk anak usia 6 bulan sampai 11 tahun secara gratis.

Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara daring membahas "Kinerja Kementerian Kesehatan RI Tahun 2022", Kamis (5/1/2023).

Kemenkes saat ini masih terus berproses menyusun program vaksinasi gratis bagi bayi dan anak-anak ini, setelah izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

"Jadi nanti segera akan kita proses untuk vaksinasi anak secara gratis," tuturnya.

Budi pun meyakinkan bahwa Kemenkes memiliki cukup anggaran untuk membesut program tersebut meski dana penanganan Covid-19 dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sudah tidak dianggarkan oleh Kementerian Keuangan pada 2023.

"Sekarang dengan adanya (EUA), adanya vaksin yang sudah bisa turun ke bawah, otomatis pemerintah nanti akan melakukan. Dan anggarannya cukup kok, kita ada anggarannya untuk bisa melakukan vaksinasi anak ini secara gratis," tutur Budi.

Baca Juga: Resmi, BPOM Keluarkan Izin Darurat Untuk Vaksin Covid Bayi 6 Bulan hingga Anak 11 Tahun

Untuk sementara waktu, kata Budi, jenis atau merek vaksin yang akan digunakan ini adalah Pfizer comirnaty children. Sebab, baru vaksin itu saja yang sudah disetujui oleh BPOM dengan mengeluarkan izin penggunaan darurat dan direkomendasikan oleh Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) untuk anak usia 6 bulan - 11 tahun.


 

"Jadi akan kita mulai dengan Pfizer dulu. Tapi nanti kalau ada merek-merek vaksin lain yang bisa juga untuk anak, juga kita berikan," tutur Budi.

Diketahui, BPOM telah menerbitkan EUA untuk Vaksin Comirnaty anak usia 5-11 tahun pada 29 November 2022, sementara untuk usia 6 bulan hingga 4 tahun diterbitkan pada 11 Desember 2022.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x