Kompas TV nasional kesehatan

Resmi, BPOM Keluarkan Izin Darurat Untuk Vaksin Covid Bayi 6 Bulan hingga Anak 11 Tahun

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 07:14 WIB
resmi-bpom-keluarkan-izin-darurat-untuk-vaksin-covid-bayi-6-bulan-hingga-anak-11-tahun
Ilustrasi Vaksin Comirnaty Children untuk anak usia 6 bulan sampai 11 tahun berbasis mRNA yang dikembangkan Pfizer-Biotech. (Sumber: SHUTTERSTOCK/Nixx Photography via Kompascom)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 untuk anak usia 5-11 tahun dan bayi usia 6 bulan hingga anak usia 4 tahun.

Pemberian izin itu atas dukungan Tim Ahli Komite Nasional Penilai Vaksin Covid-19 dan Indonesian Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI).

Vaksin yang digunakan adalah Vaksin Comirnaty Children yang merupakan vaksin Covid-19 dengan platform mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech.

"Vaksin ini membantu pemenuhan terhadap kebutuhan vaksin Covid-19 serta keterbatasan jenis vaksin yang dapat digunakan untuk populasi anak saat ini," kata Kepala BPOM RI Penny Lukito dalam siaran persnya, dikutip Rabu (28/12/2022).

“Namun, Vaksin Comirnaty Children memiliki formulasi dan kekuatan yang berbeda dengan Vaksin Comirnaty untuk remaja dan dewasa, sehingga Vaksin Comirnaty Children tidak dapat digunakan pada individu berusia 12 tahun ke atas,” tambahnya.

Baca Juga: China Bergejolak karena Covid-19, Intelijen AS: Xi Jinping Masih Ogah Menerima Vaksin Barat

Sebelumnya pada 14 Juli 2021, BPOM telah memberikan persetujuan izin penggunaan darurat Vaksin Comirnaty untuk digunakan sebagai vaksinasi primer pada usia 12 tahun atau lebih.

Setelah itu, BPOM kembali mengeluarkan persetujuan untuk Vaksin Comirnaty guna penambahan posologi dosis booster untuk dewasa usia 18 tahun atau lebih.  Yakni pada tanggal 2 Januari 2022 (booster homolog) dan 11 Januari 2022 (booster heterolog).

Pada 2 Agustus 2022, BPOM menyetujui penambahan posologi dosis booster pada anak kelompok usia 16-18 tahun sebagai perluasan EUA untuk Vaksin Comirnaty.

“Dosis Vaksin Comirnaty Children (6 Months – 4 Years) untuk vaksinasi primer adalah 3 mcg/0,2 mL yang diberikan dalam 3 dosis pemberian. Dua dosis pertama diberikan dalam rentang waktu 3 minggu, diikuti dengan dosis ketiga yang diberikan setidaknya 8 minggu setelah dosis kedua," tutur Penny.

Baca Juga: Serba-Serbi Vaksin Indovac, Dipakai Booster Jokowi hingga Produk dalam Negeri

"Sementara dosis Vaksin Comirnaty Children (5-11 Years) untuk vaksinasi primer adalah 10 mcg/0,2 mL, diberikan dalam 2 dosis dengan rentang waktu 3 minggu antara dosis pertama dan kedua,” sambungnya.




Sumber : pom.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x