Kompas TV nasional viral

Sulitnya Evakuasi Penghuni Rumah Mewah Terbengkalai di Cakung, Pintu Dikunci dan Diganjal Besi

Kompas.tv - 5 Januari 2023, 10:35 WIB
sulitnya-evakuasi-penghuni-rumah-mewah-terbengkalai-di-cakung-pintu-dikunci-dan-diganjal-besi
Kondisi terkini rumah mewah terbengkalai milik Ibu Eny yang ditinggalinya bersama putranya di Cakung, Jakarta, Rabu (4/1/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Yogi Rachman)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komandan Regu Tim Rekasi Cepat P3S Sudin Sosial Kota Jakarta Timur, Kurniawan Muhammad mengisahkan susahnya proses evakuasi penghuni rumah mewah terbengkalai di Kompleks PLN Klender, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (4/1/2023).

Kisah penghuni rumah mewah dua lantai tersebut sebelumnya viral di media sosial. Usut punya usut, terdapat dua penghuni rumah tersebut yakni Ibu Eny dan putranya, Tiko.

Dinarasikan, mereka puluhan tahun hidup tanpa listrik dan air. Untuk mandi dan memasak, Tiko harus menadah air hujan terlebih dulu. Sementara Eny diduga depresi usai ditinggalkan suaminya sejak 2010.

Kurniawan mengatakan keberadaan rumah ini berasal dari laporan YouTuber Bang Brew TV.

Baca Juga: Kondisi Terkini Bu Eny dan Tiko, Pemilik Rumah Mewah Terbengkalai di Cakung, Dibawa ke Rumah Sakit

"Saat masuk (rumah viral di Cakung), ternyata ketemu sama pemiliknya, Tiko," jelas Kurniawan, Rabu, dikutip dari Kompas.com.

Ia melanjutkan pemilik akun Bang Brew TV kemudian mengontak Pratiwi Noviyanthi selaku YouTuber dengan fokus kemanusiaan.

"Kita dari petugas P3S langsung menindaklanjut laporan yang diterima dari ibu Novi yang menghubungi saya dan rekan-rekan. Kami datang ke lokasi di Kelurahan Jatinegara," jelas Kurniawan.

Petugas kemudian mendatangi rumah tersebut, di sana mereka sudah disambut oleh tim Novi, Bang Brew TV, dan Tiko beserta pengurus lingkungan setempat.

Mereka kemudian berunding untuk mendapatkan solusi terbaik bagi Eny, meski Tiko sempat menolak, akhirnya ia luluh dan setuju ibunya dibawa ke RS, Jumat (30/12/2022).

Saat evakuasi, tim gabungan sempat kesusahan ketika menangani Eny. Ia meronta tak ingin dibawa dan mengunci pintu rumah dan mengurung diri.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x