Kompas TV nasional peristiwa

PPKM Dicabut, Jubir Kemenkes Minta Masyarakat Tetap Waspada: Covid-19 Masih Ada sebagai Pandemi

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 19:14 WIB
ppkm-dicabut-jubir-kemenkes-minta-masyarakat-tetap-waspada-covid-19-masih-ada-sebagai-pandemi
Juru bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril. (Sumber: YouTube Kemenkes)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menyebut pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) merupakan pertanda pandemi di Indonesia dalam kondisi terkendali.

Meski demikian, Syahril meminta seluruh masyarakat untuk tetap waspada. Pasalnya, akan selalu ada risiko munculnya varian baru Covid-19 yang dapat mengakibatkan lonjakan kasus.

Mengingat, pandemi Covid-19 masih belum berakhir, baik di Indonesia maupun dunia. 

"Covid-19 ini masih ada sebagai pandemi, sehingga kita tetap waspada, karena bisa saja Covid-19 ini terjadi mutasi yang mengakibatkan lonjakan kasus," kata Syahril dalam Kompas Petang, Kompas TV, Jumat (30/12/2022). 

Sebab itu, Syahril pun mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan serta melakukan vaksinasi Covid-19.

"Oleh karena itu tetap waspada, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan tetap vaksinasi," tegasnya.

Terkait kemungkinan adanya lonjakan kasus baru jelang pergantian tahun baru, Syahril menuturkan, pihaknya telah menyiapkan segala antisipasi apabila hal itu terjadi. 

"Jadi kita sudah menyiapkan segala antisipasi apabila kemungkinan terjadi lonjakan kasus, karena memang pembatasan kegiatan masyarakat sudah tidak berlaku lagi," jelasnya. 

Dia menuturkan, seluruh infrastruktur, terutama pelayanan kesehatan, sudah disiapkan Kemenkes, meski PPKM telah dicabut. 

Baca Juga: Jokowi: Meski PPKM Dicabut, Bansos Tetap Dilanjutkan

"Mulai dari puskemas hingga rumah sakit termasuk laboratorium untuk mendeteksi termasuk surveilans dan juga sequencing-nya, kita siapkan semuanya," ucapnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x