Kompas TV nasional hukum

Soal Motif Pembunuhan Yosua, Jaksa Agung Pernah Bilang Akan Terlihat di Persidangan

Kompas.tv - 29 Desember 2022, 05:45 WIB
soal-motif-pembunuhan-yosua-jaksa-agung-pernah-bilang-akan-terlihat-di-persidangan
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyampaikan bahwa motif dugaan pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat akan terlihat di persidangan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin pernah menyampaikan, motif dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat akan terlihat di persidangan.

Satu Meja The Forum Kompas TV edisi Rabu (28/12/2022) menayangkan kembali wawancara eksklusif Budiman Tanuredjo dengan Burhanuddin, yang telah tayang pada 28 September 2022.

Dalam wawancara tersebut, Burhanuddin menyebut dengan tegas bahwa motif dari peristiwa itu akan terlihat dalam persidangan, meskipun secara sepintas motif juga tercantum dalam dakwaan.

“Dalam dakwaan mungkin sepintas iya, tapi tidak terlalu dalam. Karena bagi kami adalah ada fakta di situ, ada fakta perbuatan pembunuhan di situ, itu yang kami dalami.”

Dalam dialog tersebut, Burhanuddin juga memastikan motif penembakan tersebut akan terungkap karena hakim dan jaksa akan terus menggali.

"Pasti terungkap, karena bagaimanapun juga kita akan gali terus dan hakim juga akan menggalinya," tegasnya.

Baca Juga: Adu Ahli Hukum Sambo dan Eliezer, Soroti Motif Pembunuhan Yosua Hingga “Lie Detector”

Saat ditanya mengenai strategi penuntutan, apakah nantinya akan dijadikan satu, ia mengatakan, untuk saat ini berkas perkaranya terpisah.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika nantinya perlu untuk dijadikan satu antara kasus dugaan pembunuhan dengan obstruction of justice, maka perkaranya akan digabung.

“Jaksa lah yang akan menentukan, apakah perkara ini digabung atau sendiri-sendiri. Jadi tergantung pada nanti jaksa bisa untuk mempermudah pembuktiannya.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x