Kompas TV nasional update

Prediksi Cuaca BMKG Hari Ini Hujan Intensitas Sedang-Lebat, Bukan Badai: Sangat Lebat 30 Desember

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 09:45 WIB
prediksi-cuaca-bmkg-hari-ini-hujan-intensitas-sedang-lebat-bukan-badai-sangat-lebat-30-desember
Warga DKI Jakarta berjalan di tengah hujan. BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem berupa hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah lokasi. (Sumber: Kompas TV/Ant/Aditya Pradana Putra)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyebut potensi cuaca ekstrem hari ini, Rabu (28/12/2022) yakni hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Pernyataan ini sekaligus menepis keterangan dari peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terkait potensi badai besar di wilayah Jabodetabek, 28 Desember 2022.

"Berdasarkan Prakiraan cuaca BMKG, pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," jelas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto kepada awak media di Jakarta, Selasa (27/12) dikutip dari situs BMKG.

Baca Juga: Badai Dahsyat Benarkah akan Terjadi Hari Ini, 28 Desember? BMKG dan BRIN Punya Pandangan Berbeda

Guswanto mengimbau masyarakat untuk tenang dan terus melakukan pembaruan informasi lewat kanal-kanal resmi yang disediakan BMKG. 

Sementara Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab, menjelaskan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023.

Fachri mengungkapkan peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi juga terjadi pada tanggal 30 Desember 2022.


Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin menyebut potensi cuaca ekstrem berupa badai dahsyat dan hujan ekstrem yang akan terjadi di Jabodetabek.

Cuaca ekstrem tersebut, menurutnya, dapat memicu banjir besar di Jabodetabek.

Baca Juga: Peneliti BRIN Sebut Ada Potensi Badai Dahsyat di Jabodetabek pada 28 Desember 2022

"Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapapun anda yang tinggal di Jabodetabek, dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," tulis Erma di akun Twitter-nya @EYulihastin dikutip Selasa.

Prediksi tersebut berdasarkan analisis satellite early warning system (Sadewa).

"Maka Banten, dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut. Dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022," kata dia.



Sumber : Kompas TV, BMKG


BERITA LAINNYA



Close Ads x