Kompas TV nasional hukum

Pertanyaan Hakim ke Ferdy Sambo: Tak Ingin Yosua Tewas, Kenapa Perintah Ricky dan Richard Menembak?

Kompas.tv - 7 Desember 2022, 18:43 WIB
pertanyaan-hakim-ke-ferdy-sambo-tak-ingin-yosua-tewas-kenapa-perintah-ricky-dan-richard-menembak
Ferdy Sambo dalam persidangan mengaku tidak menghendaki Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Yosua tewas. (Sumber: Puspenkum Kejaksaan Agung)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ferdy Sambo dalam persidangan mengaku tidak menghendaki Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Yosua tewas.

Hakim Alimin Ribut Sujono pun merespons pernyataan Ferdy Sambo yang dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara pembunuhan berencana untuk Kuat Ma’ruf, Ricky Rizal Wibowo, dan Richard Eliezer Pudihang Lumiu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022).

Ferdy Sambo dalam kesaksian mengaku memberi perintah kepada Ricky Rizal Wibowo dan Richard Eliezer Pudihang Lumiu untuk menembak Brigadir J saat di rumah Jl Saguling, Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022.

“Kalau lah saudara tidak menghendaki korban Yosua itu meninggal, kenapa pada saat di Saguling saudara mengatakan bahwa nanti kalau melawan tembak?” tanya Hakim Alimin Ribut Sujono.

Baca Juga: Ferdy Sambo Jawab Kekecewaan Rekan di Polri: Saya Tak akan Tanggung Jawab yang Tidak Saya Lakukan

Terkait pertanyaan Hakim, Ferdy Sambo pun berkelit mengatakan, bahwa perintahnya untuk Ricky Rizal dan Richard Eliezer tembak Yosua atau Brigadir J hanya dilakukan jika dalam kondisi terpaksa.

“Oh itu… kesempatan terakhir yang harus digunakan apabila memang kondisi terpaksa,” ucap Ferdy Sambo.

Mendengar kesaksian tersebut, Hakim Alimin pun mengonfirmasi apakah itu berarti meninggalnya Yosua itu sebagai sebuah pilihan.

Ferdy Sambo yang ditanya seperti dalam sidang mengaku tidak bisa menyampaikan pendapatnya.

“Saya tidak bisa menyampaikan pendapat saya,” ucap Ferdy Sambo.

Baca Juga: Penilaian Hakim Atas Keterangan Ferdy Sambo: Enggak Masuk Akal, Sangat Janggal

Sebelumnya Hakim Alimin bertanya, Ferdy Sambo lebih dulu memberikan kesaksian bahwa dirinya sempat meminta Ricky Rizal untuk menembak Brigadir J atau Yosua.

Namun saat itu, kata Ferdy Sambo, Ricky Rizal tidak menyanggupi dan mengatakan jika mentalnya tidak kuat.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x