Kompas TV nasional sosok

Profil Maaike Ira Puspita, Perempuan Indonesia yang Terpilih Jadi Wakil Presiden AFF 2022-2026

Kompas.tv - 14 November 2022, 16:35 WIB
profil-maaike-ira-puspita-perempuan-indonesia-yang-terpilih-jadi-wakil-presiden-aff-2022-2026
Maaike Ira Puspita terpilih menjadi Wakil Presiden AFF 2022-2026 dalam Kongres AFF di Siem Reap, Kamboja, Senin (14/11/2022). (Sumber: Linkedin)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kongres Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) di Siem Reap, Kamboja pada Senin (14/11/2022) menetapkan Maaike Ira Puspita sebagai Wakil Presiden AFF periode 2022-2026.

"Semoga kepercayaan yang diberikan kepada saya dapat memberikan kontribusi penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia, termasuk sepak bola perempuan," ujar Maaike via laman PSSI.

Siapa sebenarnya Maaike Ira?

Maaike saat ini merupakan Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Wasekjen PSSI). Ia menduduki jabatan tersebut sejak 2020.

Dari keterangan di laman Linkedin, diketahui Maaike adalah alumnus Universitas Indonesia program studi Rusia. Ia menempuh pendidikan di sana sejak 1999 hingga 2004.

Masih dari sumber yang sama, Maaike disebut pernah berkiprah di Bhayangkari, Rotary Club of Gunawarman hingga mendirikan Dapur Jurnas.

Baca Juga: Jelang TC ke Spanyol, Timnas U20 Indonesia Kalah di Laga Uji Coba

Sementara dalam dunia sepak bola, Maaike terbilang pendatang baru. Saat diwawancarai British Council, Maaike mengaku baru menggeluti bidang ini pada 2020, ketika ditunjuk menjadi Wasekjen PSSI.

"Nah, kesempatan untuk terjun ke dunia sepak bola Indonesia sendiri datang di tahun 2020. Saya diminta untuk mendampingi Sekjen PSSI karena kita akan menghadapi Piala Dunia di tahun 2021 (Piala Dunia U20 diundur jadi 2023 -red)," kata Maaike.

Terkait inspirasi, Maaike mengaku kagum dengan perempuan lain yang bergelut di dunia sepak bola.

"Di tahun tersebut (2020 -red), departemen khusus sepak bola perempuan dibentuk. Di situ ada Ibu Papat Yunisal, seorang mantan pemain timnas yang luar biasa semangatnya. Ibu Papat itu idola saya. Dia suka cerita tentang pengalamannya," terang Maaike.

"Mentalitas itu yang saya kagumi untuk seorang pemain sepak bola perempuan. Kemudian, setelah menggeluti dan melihat sendiri para pemain sepak bola perempuan, seperti Zahra Muzdalifah, merumput, mereka itu luar biasa sekali," imbuh sosok penggemar sepak bola Italia itu.

Baca Juga: 5 Bintang Asia yang Berpotensi Bersinar di Piala Dunia 2022

Ketika membicarakan harapannya untuk sepak bola perempuan Indonesia, Maaike mengatakan ingin ada peningkatan prestasi.

"Banyak yang harus dikejar. Dari sisi pelatih dan wasit, tentu saja saya berharap ada peningkatan jumlah. Gap antara pelatih laki-laki dan perempuan tidak boleh terlalu besar," terang Maaike.

"Untuk level tertinggi, jumlah pelatih perempuan baru dua orang. Itu impiannya, secara khusus," sambung adik ipar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tersebut.

Dengan terpilihnya Maaike sebagai Wakil Presiden AFF, ia kini resmi mengikuti jejak Ratu Tisha. Sebelumnya, Ratu Tisha juga menyandang jabatan yang sama pada periode 2019-2022.

Baca Juga: Ketika Kualifikasi Piala Dunia Picu Perang di Amerika Tengah


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x