Kompas TV nasional peristiwa

Ini Pengganti Zulkifli Hasan PAN dan Jhony Alen Demokrat di DPR

Kompas.tv - 2 November 2022, 06:05 WIB
ini-pengganti-zulkifli-hasan-pan-dan-jhony-alen-demokrat-di-dpr
Ketua DPR RI Puan Maharani sesaat sebelum memandu pengucaan sumpah janji calon anggota PAW DPR RI, di ruang rapat Paripurna DPR RI, Senayan Jakarta, Selasa (1/11/2022). (Sumber: dpr.go.id -)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pelantikan Tiga Anggota DPR RI Antar Waktu (PAW) menjadi salah satu agenda dalam rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023, setelah Pidato Ketua DPR RI pada Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023.

Melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor  99/P Tahun 2022 tanggal 30 September 2022 tentang peresmian beberapa Anggota DPR RI yang PAW.

Dalam rapat paripurna Selasa (1/11/2022), tiga anggota DPR yang baru dilantik, yaitu Djenri Akting Keintjem mewakili PDI-Perjuangan daerah pemilihan Sulawesi Utara, dan  Khairul Muchtar mewakili mewakili PAN daerah pemilihan Lampung I dan  Ongku P Hasibuan mewakili Partai Demokrat daerah pemilihan Sumatera Utara II.

Baca Juga: Bappilu PDIP: Puan Tak Perlu Mundur dari Ketua DPR Bila Jadi Peserta Pilpres 2024

Djenri Akting Keintjem mewakili PDI-Perjuanga daerah pemilihan Sulawesi Utara, menggantikan Anggota Komisi V DPR RI Alm. Haji Herson Mayulu yang meninggal dunia pada april lalu. Sedangkan Anggota DPR RI Khairul Mukhtar dari Fraksi PAN yang menggantikan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang kini menjabat Menteri Perdagangan. Sementara Anggota DPR RI Ongku Parmonangan Hasibuan menggantikan Jhony Alen Marbun yang dipecat dari DPP Partai Demokrat pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono.


“Sebelum memangku jabatan anggota DPR RI saudara wajib bersumpah, berjanji menurut agama masing-masing, apakah saudara-saudara bersedia?. Patut saya ingatkan bahwa Sumpah, janji yang saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945. Sumpah, janji kepada Tuhan YME dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap saudara-saudara mengikuti lafal supah janji yang akan saya pandu,” ujar Ketua DPR RI Puan Maharani sesaat sebelum memandu pengucaan sumpah janji calon anggota PAW DPR RI, di ruang rapat Paripurna DPR RI, Senayan Jakarta, Selasa (1/11/2022) dikutip dari situs dpr.

Baca Juga: Politikus PAN Pengganti Zulkifli Hasan di DPR Resmi Dilantik

Usai pengucapan sumpah, Ketua DPR yang disusul oleh seluruh pimpinan DPR RI yang hadir, seperti Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Achmad, dan Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus. Tidak lupa pimpinan sidang paripurna berharap kepada ketiga anggota DPR RI yang baru saja dilantik agar keduanya tetap amanah, dan ke depan lebih memperkuat tugas-tugas konstitusional dewan.




Sumber : Kompas TV/dpr.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x