Kompas TV nasional hukum

Tanggapi Eksepsi Kuat Maruf, Ahli Hukum Pidana: Dakwaan Jaksa Sudah Jelas dan Cermat

Kompas.tv - 20 Oktober 2022, 19:09 WIB
tanggapi-eksepsi-kuat-maruf-ahli-hukum-pidana-dakwaan-jaksa-sudah-jelas-dan-cermat
Kuat Maruf, terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, hadir dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (20/10/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ahli hukum pidana, Asep Iwan Iriawan, menilai dakwaan jaksa terhadap Kuat Maruf dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, sudah jelas dan cermat. 

Dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (20/10/2022), penasihat hukum Kuat Maruf menyampaikan eksepsi terkait dakwaan jaksa penuntut umum. 

Menurut tim penasihat hukum Kuat Maruf, surat dakwaan jaksa penuntut umum tak lengkap. 

Kubu Kuat Maruf juga menganggap surat dakwaan tidak jelas karena tidak menjelaskan peristiwa keributan di rumah Magelang antara korban Brigadir J dan terdakwa.

Menanggapi eksepsi tersebut, Asep menilai dakwaan jaksa terhadap Kuat Maruf sudah jelas dan cermat. 

"Eksepsi diatur 156 KUHAP, itu tiga hal. Satu, kewenangan. Kedua, eksepsi itu menyangkut dakwaan tidak dapat diterima. Yang ketiga, batal demi hukum yaitu tidak cermat, tidak jelas, tidak lengkap menguraikan bagaimana kejadian itu. Jadi bukan bicara materi pokok perkara, masih formalitas," kata Asep dalam Breaking News Kompas TV, Kamis sore. 

"Jadi ketika mengajukan eksepsi itu apakah jaksa telah cermat, jelas, lengkap enggak uraiannya?"

Baca Juga: Kuat Ma'ruf Mengaku Ambil Pisau di Rumah Magelang untuk Jaga-jaga karena Brigadir J Punya Senjata

"Kalau saya lihat, dari eksepsi yang diajukan, semuanya itu kebanyakan ya, catatan saya, satu, itu sudah materi perkara atau substansi. Nanti akan dibuktikan di persidangan, putusannya pasti ditolak atau tidak dapat diterima."

"Kedua, yang harusnya disampaikan ketidakcermatannya apa? Dia tidak cermat menguraikannya, tidak detail."

"Tapi kalau saya lihat, dakwaannya sudah detail. Peran-peran FS (Ferdy Sambo), RR (Ricky Rizal), KM (Kuat Maruf), E (Richard Eliezer atau Bharada E), itu sudah jelas cermat uraiannya, lengkap disebut nama dan tempat kejadian itu. Jelas bagi kita semua," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x