Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan, Jakarta Waspada Banjir, Bendung Katulampa Sempat Siaga 1!

Kompas.tv - 10 Oktober 2022, 05:45 WIB
peringatan-jakarta-waspada-banjir-bendung-katulampa-sempat-siaga-1
Situasi arus Kali Ciliwung di Jembatan sekitar Pasar Induk Jambu Dua, Bogor, pukul 20.30 WIB, setelah muka air Bendung Katulampa berstatus Siaga 1 pada Minggu (9/10/2022). (Sumber: Antara)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Petugas Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman, menyampaikan air kiriman dari Bogor kemungkinan sampai ke Jakarta pada Senin (10/10/2022).

Sebagaimana diwartakan Antara, Andi meminta warga Jakarta untuk waspada dengan banjir, terutama bagi yang bermukim di sekitar bantaran Kali Ciiwung.

"Dari Gadog naik, waspada banjir, warga di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung. Aliran sungai bisa deras sekali," ujarnya.

Dilaporkan pada Minggu (9/10), mulai pukul 18.52 WIB status Bendung Katulampa memasuki Siaga 2 dengan ketinggian 180 cm.

Sementara petugas bendungan lainnya, Muhammad Subhan, menyebut ketinggian muka air meningkat satu jam setelahnya.

"Update pukul 19.16 WIB, tinggi muka air berada di angka 220 cm atau berstatus siaga satu," ujar Subhan, menukil Kompas.com.

Lalu pada pukul 21.00 WIB, ketinggian muka air kembali turun di angka 120 cm.

Pantauan terbaru dari Antara, arus deras Kali Ciliwung terlihat di Jembatan Plaza Jambu Dua dan Pasar Induk Jambu Dua. Aliran sungai yang deras hanya berjarak sekitar 1 meter dari permukaan jalan.

Rumah-rumah yang berdiri di bawah jembatan ikut terendam air nyaris sampai ke atap. Hal itu mengundang atensi warga yang kemudian silih berganti datang menonton.

Baca Juga: Bendung Katulampa Siaga 1, BPBD DKI Jakarta Imbau Warga Waspada Ancaman Banjir

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan deras akan turun di Bogor mulai pukul 15.00 WIB, Minggu (9/10). Hujan diperkirakan mulai reda mulai pukul 22.00 WIB. Kendati demikian, Andi meminta warga tetap waspada, mengingat kemungkinan situasi cuaca tak menentu.

Terlepas dari itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bogor mengatakan sudah ada dampak yang dirasakan warga seputar Kali Ciliwung akibat hujan deras.

Salah satunya, terjadi tanah longsor di Kelurahan Sukasari, Bogor, menimbulkan kerugian pada 33 keluarga. Dua orang bahkan sampai dibawa ke rumah sakit akibat luka-luka.

Baca Juga: Jakarta Siaga Banjir! BMKG: Potensi Hujan Lebat Disertai Petir & Angin Kencang Hingga 10 Oktober


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x