Kompas TV nasional peristiwa

Susi Pudjiastuti usai Diperiksa sebagai Saksi Dugaan Korupsi Impor Garam: Kok Heboh Banget sih?

Kompas.tv - 7 Oktober 2022, 16:22 WIB
susi-pudjiastuti-usai-diperiksa-sebagai-saksi-dugaan-korupsi-impor-garam-kok-heboh-banget-sih
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat berbicara kepada wartawan di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta, usai diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi impor garam industri, Jumat (7/10/2022). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengaku heran karena pemeriksaan dirinya sebagai saksi dalam perkara dugaan korupsi impor garam industri, menimbulkan kehebohan.

Padahal, menurutnya, pemeriksaan yang dijalaninya di Gedung Bundar Kejaksaan Agung adalah sebuah hal yang wajar dalam proses hukum.

“Sebetulnya, namanya saya sebagai bekas pejabat ada kasus seperti ini dipanggil, ya hal yang biasa, tapi kawan-kawan rasanya kok heboh banget sih,” ujar Susi di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jumat (7/10/2022).

Susi lebih lanjut menuturkan, ia menghadiri pemeriksaan sebagai saksi di Kejaksaan Agung karena mengikuti aturan hukum yang berlaku.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Impor Garam, Kejagung: Untuk Lengkapi Alat Bukti

“Sebagai warga negara yang baik, patuh dan mengikuti hukum aturan yang ada di negeri kita, pada saat kita dibutuhkan menjadi saksi, ya harus datang, itu satu,” katanya.

“Yang kedua, sebagai seseorang yang mengerti bagaimana itu garam yang diproduksi oleh para petani dan mengerti sedikit tentang tata niaga regulasi, ya saya ingin berpartisipasi dalam ikut serta menjernihkan atau memberikan pendapat dan pandangan dan juga apa yang saya ketahui sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.”

Tapi tentu, lanjut Susi, persoalan di Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah tentang perlindungan para petani garam yang memang diamanatkan dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2016.

Yang bunyinya, kata dia, negara wajib memberikan perlindungan kepada para petani garam.

“Melindungi petani garam dengan apa? Ya dengan harga yang sangat baik, para petani berproduksi lebih baik, lebih banyak, dengan harga yang tentu terjamin di atas harga produksinya dan itu adalah kepentingan saya, kepentingan negara dan kepentingan bangsa ini,” tegas Susi.

Baca Juga: Kilah Istana soal Jokowi Tak Salami Kapolri: Itu Presiden Sapa Pak Kapolri

Karena itu, Susi dengan tegas menyampaikan jika ada orang-orang yang ingin memanfaatkan tata regulasi niaga dan membuat rugi petani, harus dihukum setimpal.

“Saya ingin kalau ada orang yang memanfaatkan tata regulasi niaga dalam hal perdagangan yang bisa merugikan para petani yang tentunya itu harus mendapatkan atensi dan tentunya hukuman yang setimpal,” ucap Susi.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x