Kompas TV nasional update

Melayat ke Rumah Duka, JK dan Sejumlah Menteri Mengagumi Kecendekiawanan Azyumardi Azra

Kompas.tv - 20 September 2022, 06:06 WIB
melayat-ke-rumah-duka-jk-dan-sejumlah-menteri-mengagumi-kecendekiawanan-azyumardi-azra
Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (tengah). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

TANGERANG, KOMPAS.TV - Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Koordinat Bidang Perekonomian Arilangga Hartarto terpantau menyambut kedatangan jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di rumah duka di Ciputat Timur, Senin (19/9) malam. 

Jusuf Kalla menilai almarhum Azyumardi Azra merupakan sosok akademisi yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. 

"Beliau begitu banyak menulis buku, saya kira dari banyaknya akademisi dalam menuangkan pemikiran-pemikiran Islam paling banyak," ucap JK, dikutip dari Antara, Selasa (20/9/2022) dini hari WIB.

"Sehingga pemikirannya sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial kita. Saya ucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum Prof. Azyumardi," kata JK.

Baca Juga: Tiba di Bandara Soetta, Jenazah Prof Azyumardi Azra Disambut Jusuf Kalla dan Mensesneg

Selain JK, hadir pula Menteri Sekertaris Negara (Mensetneg) Pratikno, Menteri Koperasi dan UKM Tetan Masduki, hingga Menteri Koordinat Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Senada dengan JK, Airlangga menyebut Azyumardi Azra merupakan sosok cendikiawan muslim yang memiliki integritas luar biasa. 

"Beliau adalah cendekiawan muslim yang diterima semua pihak dengan integritas yang luar biasa," ucap Arilangga.

"Dan ajaran-ajaran beliau tentang demokrasi humanisme itu mempunyai nilai yang menginspirasi generasi muda."

Melansir laporan Antara, jenazah Azyumardi Azra tiba di rumah duka dari Malaysia pada Senin (19/9) pukul 23.55 WIB. 

Baca Juga: Dewan Pers Gelar Shalat Gaib untuk Almarhum Azyumardi Azra

Sejumlah pelayat yang telah menunggu kedatangan jenazah Azyumardi langsung mengangkat peti jenazah alhmarhum dan melantunkan tahlil. 

Setelah disemayamkan di rumah duka, jenazah Azyumardi selanjutnya direncanakan dishalatkan di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta pada Selasa (20/9) pukul 08.00 WIB.

Usai disalatkan di UIN Jakarta, jenazah Azyumardi akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta pukul 09.00 WIB.

Adapun yang menjadi inspektur upacara pemakaman Azyumardi adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x