Kompas TV nasional hukum

Johnny G Plate Diduga Kena Doxing Hacker Bjorka, Data Pribadinya Bocor Pas Ultah ke-66 Hari ini

Kompas.tv - 10 September 2022, 14:55 WIB
johnny-g-plate-diduga-kena-doxing-hacker-bjorka-data-pribadinya-bocor-pas-ultah-ke-66-hari-ini
Menkominfo Johnny Plate diduga kena doxing oleh Hacker Bjorka. (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS. TV – Pada ulang tahunnya ke-66 hari ini, Sabtu (10/9/2022) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, diserang hacker atau peretas bernama Bjorka. Ia kena doxing, data pribadi miliknya diduga disebar via akun Telegram.

Bjorka melakukan doxing atau penyebaran informasi pribadi lengkap milik Menkominfo Johhny.

Kebocoran data pribadi itu mulai dari  Nomor Induk Keluarga (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), gelar, alamat, nomor telepon, nama anggota keluarga ingga nomor vaksin.

Di twitter, akun @bjorkanism mereka juga sempat mengucapkannya hal yang sama, mengucapkan selamat ulang tahun ke ke-66 Menteri Johnny.

"Happy birthday," tulis Bjorka pada Sabtu siang.

Namun, di akun instagram dia bjorkanism, selain mengucapkan ulang tahun, hacker berbuat doxing dengan membocor kan data pribadi Menteri. 

Akun instagram Bjorka yang diduga doxing data pribadi Menkominfo Johny G. Plate, bagian yang diberi tanda hijau adalah data pribadi yang bersanngkutan (Sumber: istimewa)

Dilansir dari situs resmi Kominfo, Doxing adalah penyebaran informasi pribadi seorang individu atau organisasi kepada publik dan menimbulkan perspektif (framing) yang salah terhadap pemilik data. Penyebaran itu dilakukan tanpa seizin pemilik data. 

Bjorka sendiri bikin heboh lantaran pada Jumat (9/9) kemarin, Bjorka mengklaim dirinya telah berhasil meretas ratusan ribu dokumen dan surat-surat. Ia menggunggah itu di forum breached.to

Dalam unggahan itu, Bjorka klaim membocorkan surat-surat rahasia pemerintah, termasuk surat rahasia BIN untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

Baca Juga: Tanggapi Bjorka, Menkominfo Heran Illegal Hacker Malah Dielu-elukan seperti Pahlawan

Terkait hal ini, baik pihak Istana maupun BIN membantah telah terjadi kebocoran ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x