Kompas TV nasional peristiwa

Anies Canangkan Ubah Nama Rumah Sakit Jadi Rumah Sehat, Bukan Hanya untuk Orang Sakit

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 11:28 WIB
anies-canangkan-ubah-nama-rumah-sakit-jadi-rumah-sehat-bukan-hanya-untuk-orang-sakit
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kamal Muara, Jakarta Utara, Kamis (30/6/22). (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencanangkan penjenamaan (pemberian merek atau branding) nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta. 

Pencanangan  RSUD menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta dilakukan di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8/22).

"Kita mencanangkan, penjenamaan rumah sehat untuk Jakarta. Program ini sebenarnya sudah dirancang sejak lama, ide gagasan mulai dibahas 2019, 2020 mulai awal, mulai kami siapkan langkah-langkahnya lalu muncul pandemi sehingga ini terhenti," kata Anies.

Baca Juga: Hadiri Pelantikan Dua Anggota DPRD DKI Fraksi PAN, Anies: Harapannya Bisa Langsung Bekerja

Melalui penggantian merek ini, Anies berharap nantinya Rumah Sakit (RS) tidak lagi berorientasi hanya pada orang sakit. 

Menurut Anies, pandemi Covid-19 menunjukkan pentingnya menjaga kesehatan di mana peran RS tidak hanya untuk menyembuhkan orang sakit namun juga perlu menambah aspek promotif dan preventif. 

"Jadi Rumah Sehat ini dirancang untuk benar-benar membuat kita berorientasi pada hidup yang sehat, bukan sekedar berorientasi untuk sembuh dari sakit.," kata Anies. 

Mulai dari melakukan medical check up sampai persoalan gizi dan juga konsultasi. 

Lalu, lanjut Anies, penjenamaan ini juga bersamaaan dengan penyeragaman logo RS se-Jakarta yang selama ini berbeda-beda. 

"Padahal semuanya adalah institusinya pemerintah yang memberi pelayanan kepada seluruh warga, yang warga bisa datang ke mana pun juga," kata dia. 

Baca Juga: Anies Ajukan Banding atas Putusan PTUN soal UMP DKI Jakarta: Kami Ingin Terjadi Stabilitas

Anies berharap dengan penjenamaan ini, masyarakat dapat melihat Rumah Sehat dengan cara pandang berbeda dari Rumah Sakit. 

"Ini yang menjadi pesan utama, dan kami berharap pada seluruh jajaran pengelola rumah sehat di Jakarta untuk segera melakukan transformasi, sehingga benar-benar ini menjadi sebuah tempat yang memberikan hospitality, hospitality itu adalah keramahan, kenyamanan, kepuasan," kata Anies. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x