Kompas TV nasional politik

Alasan Ketua Tim Forensik Brigadir J Ajak Perwakilan Keluarga saat Proses Autopsi Ulang

Kompas.tv - 29 Juli 2022, 18:33 WIB
alasan-ketua-tim-forensik-brigadir-j-ajak-perwakilan-keluarga-saat-proses-autopsi-ulang
Ketua Tim Forensik Brigadir J, dr Ade Firmansyah saat ditemui di RSCM Jakarta terkait tahapan penelitian sampel dari autopsi brigadir J, Kamis (28/7/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keluarga Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J mengutus seorang dokter dan bidan sebagai perwakilan keluarga dalam proses autopsi Brigadir J.

Ketua tim forensik Brigadir J, Ade Firmansyah menyatakan pihaknya sengaja meminta perwakilan kelaurga Brigadir J yang memiliki latar belakang medis untuk ikut dalam proses autopsi. 

Ade menjelaskan adanya perwakilan keluarga bukanlah hal yang lazim, seperti dalam ruang operasi tenti tidak ada yang masuk ke dalam.

Baca Juga: Sampel Autopsi Ulang Brigadir J Tiba di RSCM, Ini Tahapan yang Bakal Dilakukan Tim Forensik

Namun kaidah umum tersebut sementara disisihkan agar bentuk transparansi dalam proses autopsi berjalan. 

"Kami ingin menunjukkan kepada seluruh masyarakat kita ini transparansi sehingga ada perwakilan keluarga yang kami undang untuk bisa jadi pengamat," ujar Ade, saat ditemui jurnalis Kompas TV di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Kamis (29/7/2022).

Ade menambahkan perwakilan ini nantinya dapat memberikan penjelasan kepada keluarga dan pengacara dalam proses autopsi tidak ada yang ditutup-tutupi oleh tim forensik dan juga tidak ada intervensi dari pihak manapun.

Sedangkan alasan perwakilan keluarga harus berlatar belakang medis agar persepsi saat proses autopsi berjalan seiringan.

Baca Juga: Kuasa Hukum Unggah Momen Video Call Brigadir J Menangis dengan Kekasih Ungkap Ancaman

Sebab pandangan masyarakat awam dengan seseorang yang punya latar belakang medis bisa memiliki perbedaan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x