Kompas TV nasional politik

Maruf Amin Jadi Plt Presiden selama Jokowi Kunjungan Kerja ke Asia Timur

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 11:57 WIB
maruf-amin-jadi-plt-presiden-selama-jokowi-kunjungan-kerja-ke-asia-timur
Wakil Presiden Maruf Amin (kanan) menjadi Presiden sementara selama Joko Widodo atau Jokowi melakukan kerja ke luar negeri. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) presiden selama Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Asia Timur.

Penunjukkan tugas tersebut tertuang dalam  Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

Ma'ruf Amin menduduki jabatan sebagai Plt Presiden hingga 29 Juli 2022.

"Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundangundangan selama Fresiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan pada tanggal 25 sampai dengan 29 Juli 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air," demikian bunyi Keppres tersebut.

Dalam Keppres tersebut disebutkan, Ma'ruf berwenang menentukan kebijakan baru selayaknya presiden. Namun, dia wajib berkonsultasi dengan Jokowi sebelum mengeluarkan kebijakan.

"Apabiia dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden," demikian tertulis.

Kemudian, setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunjungi 3 Negara Asia Timur, Bahas Kerja Sama hingga Isu Kawasan

Adapun Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, yakni 25 Juli 2022.

"Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan," bunyi Keppres tersebut.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi melakukan kunjungan luar negeri ke tiga negara di kawasan Asia Timur sejak Senin (25/07).

Ketiga negara tersebut yaitu Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan yang merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

Mengawali kunjungan kerjanya, Jokowi bertolak menju Beijing, RRT pada Senin (25/7). Presiden Indonesia ini kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RRT Xi Jinping, pada Selasa (26/7)..

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin menyampaikan komitmennya untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia.

Usai berkunjung ke RRT, Jokowi bersama rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya di Tokyo, Jepang dalam rangka memperkuat hubungan kenegaraan dalam konteks G20.  Mereka tiba pada Rabu (27/7/2022) dini hari.

Kepala Negara dijadwalkan akan mengunjungi Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Nagatacho, Jepang.

Kemudian pada sore hari Jokowi akan bertemu dengan kaisar dan permaisuri di Istana Kekaisaran Jepang.

Pada esok hari, Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke Korea Selatan sebelum kembali ke Jakarta.

Baca Juga: Kunker Asia Timur, Jokowi Telah Tiba di Jepang Usai dari Tiongkok




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x