Kompas TV nasional peristiwa

Anies Pamer Jakarta Dapat Dua Penghargaan Soal Pemenuhan Hak Anak

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 12:44 WIB
anies-pamer-jakarta-dapat-dua-penghargaan-soal-pemenuhan-hak-anak
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pamerkan dua penghargaan Jakarta atas pemenuhan hak anak. (Sumber: Tangkapan layar Instagram @aniesbaswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pamerkan dua penghargaan terkait pemenuhan hak anak di Jakarta. 

Dua penghargaan ini ia unggah melalui laman Instagram resminya @aniesbaswedan.

"Alhamdulillah, kami bersyukur bisa meraih Double Winner penghargaan terkait pemenuhan hak pada anak di DKI Jakarta," kata Anies pada unggahannya, Rabu (27/7/22).

Baca Juga: Wagub DKI Respons Baim Wong Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week

Anies mengatakan bahwa yang terpenting bukan penghargaannya melainkan upaya bersama dan kolaborasi dalam mewujudkan suasana yang kondusif terhadap tumbuh dan berkembang anak.

"Sehingga Jakarta bisa menorehkan tinta emas sebagai Kota Layak Anak saat ini," kata dia. 

Anies turut mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia atas penghargaan yang diberikan kepada DKI Jakarta.

Penghargaan pertama yang diberikan yaitu Kategori Pemda Provinsi yang memiliki komitmen terhadap Perlindungan Anak dan Pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak.

SIMEP merupakan media aplikasi yang dikembangkan KPAI untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap peraturan, regulasi, kelembagaan, sumber daya manusia, program dan anggaran, pelayanan kasus, dan implementasi sistem peradilan pidana anak.

Baca Juga: Profil Mutiara Annisa Baswedan, Putri Anies Baswedan yang akan Segera Menikah

Penghargaan kedua yakni pada Kategori Provinsi Layak Anak (PROVILA).

Anies menjelaskan bahwa Jakarta dipercaya mendapatkan penghargaan PROVILA karena dinilai memiliki komitmen yang tinggi, dalam mewujudkan lingkungan yang ramah bagi tumbuh kembang anak.

"Memperhatikan pemenuhan hak, dan perlindungan anak, serta telah berjuang untuk menjadikan seluruh kabupaten/kota menjadi kabupaten/kota layak anak," kata dia. 

Prestasi ini, lanjut Anies, adalah hasil kerja kolektif bersama, di mana terdapat campur tangan yang terkadang kinerjanya tidak terlihat oleh siapapun dan dilakukan secara senyap.

Namun, kata dia, dampaknya sangat terasa bagi masyarakat.

Baca Juga: Pertanyakan Penggantian Dirut MRT Jakarta, Anggota DPRD DKI: Terkesan Aneh

Anies menegaskan, DKI Jakarta akan terus berkomitmen penuh dalam melakukan upaya terbaik dalam memenuhi dan memberikan hak perlindungan terhadap anak.

"Semoga ikhtiar ini dengan segala doa dan dukungan seluruh warga Jakarta, bisa menjadikan Kota ini sebagai contoh teladan dalam menjamin masa depan anak dengan baik," tandasnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x