Kompas TV nasional kriminal

Kasus Perundungan yang Sebabkan Kematian Bocah di Tasikmalaya, Naik ke Proses Penyidikan

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 18:24 WIB
kasus-perundungan-yang-sebabkan-kematian-bocah-di-tasikmalaya-naik-ke-proses-penyidikan
Ilustrasi perundungan. (Sumber: Bully Awareness Resistance Education)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV – Kasus dugaan perundungan disertai asusila yang menimpa bocah 11 tahun di Kabupaten Tasikmlaya Jawa Barat, dinaikkan ke tingkat penyidikan. Setelah video perundungannya viral, korban diketahui meninggal dunia.

Keputusan Polda Jawa Barat untuk menaikan kasus tersebut ke tingkat penyidikan disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo.

Ibrahim menjelaskan perkara naik menjadi penyidikan berdasarkan adanya penemuan dugaan tindak pidana, ketika gelar perkara dilakukan.

"Di dalamnya ditemukan adanya kondisi 'bully' (perundungan) memang, karena ada keadaan di luar kendali korban yang ditemukan sehingga bisa disimpulkan memang bahwa terjadi kondisi perundungan," kata Ibrahim di Bandung, Jawa Barat, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: Pernah Jadi Korban Perundungan, Ini Respons Ridwan Kamil di Kasus Siswa SD Tasikmalaya Tewas

Dia menjelaskan ada tiga anak yang diduga terlibat dalam kasus perundungan itu. Namun sejauh ini, kata dia, belum ada dugaan terkait keterlibatan orang dewasa.

"Terkait perlakuan kepada terduga karena masih anak-anak, maka kita akan gunakan sistem peradilan anak sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2012 sehingga nanti proses dan mekanismenya akan ada perlakukan tertentu," kata dia.

Seperti diberitakan ANTARA, kasus itu diduga terjadi pada 14 Juni 2022 ketika anak-anak tersebut, termasuk korban tengah bermain.

Kemudian beberapa saat setelahnya, kata Ibrahim, tersebar video aksi dugaan perundungan disertai tindakan asusila itu menyebar ke masyarakat.


Baca Juga: Kasus Perundungan Anak SD Hingga Tewas, KPAID Tasikmalaya Dampingi Keluarga untuk Proses Hukum



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x