Kompas TV nasional agama

Empat Cerita Haru Jemaah Haji, Sudah Dekat dengan Ka bah tapi Gagal Cium Hajar Aswad

Kompas.tv - 19 Juli 2022, 17:36 WIB
empat-cerita-haru-jemaah-haji-sudah-dekat-dengan-ka-bah-tapi-gagal-cium-hajar-aswad
Asal mula Hajar Aswad, batu suci dari surga. (Sumber: Reasah Alharmain)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

MAKKAH, KOMPAS.TV - Tohari (42) jemaah haji asal Brebes sedih lantaran selama ia berhaji di Makkah tidak bisa mencium hajar aswad. Padahal, ia sudah menunggu momen tersebut. 

Hajar aswad sendiri adalah batu suci umat Islam yang terletak di dalam Ka’bah.

Ia mengatakan, seluruh rangkaian haji yang ia lakukan bersama isterinya Ulfa (39) berjalan lancar, kecuali untuk mencium hajar aswad yang tidak bisa.

“Hanya saja, kami tidak bisa mewujudkan mimpi dan cita-cita untuk mencium hajar aswad,” katanya dalam cerita yang diunggah situs resmi Kemenag, Selasa (19/07/2022).

Mencium hajar aswad adalah rindu harus ditunda, lanjut Tohari, dan  berharap ada kesempatan dan rizki dapat kembali ke Tanah Suci lagi.

Pria yang memiliki dengan modal usaha bengkel bubut akhirnya bisa haji ini pun berdoa, semoga pandemi benar-benar hilang hingga dirinya dapat mencium hajar aswad tersebut.

“Momen itu yang saya rindu selanjutnya,” kata Tohari.

Kerinduan serupa diidamkan oleh Eko Junaidi (55) jemaah haji asal Pati, Jawa Tengah.

Ia sendiri berhaji bersama isteri dan 7 anggota keluarganya dan bersyukur dapat melengkapi seluruh rangkaian haji dengan lancar. 

Ia cerita, dulu pernah haji 2006 dan bisa cium hajar aswad. Tapi, musim haji 2022 kali ini tidak bisa. 

“Alhamudlillah, bangga dan bercampur haru bisa menyelesaikan seluruh rangkaian haji dengan lancar, hanya saja kali ini tidak bisa mencium hajar aswad seperti saat saya berhaji tahun 2006,” katanya.

Pria yang bekerja sebagai wiraswasta yang mengirim solar dan oli di Pelabuhan Juwana, Pati, mengisahkan, ia hanya bisa dekat Ka'bah. 

“Haji tahun ini, saya hanya bisa mendekat Kabah, namun tidak bisa menyentuh apalagi mencium hajar aswad, momen ini yang sesungguhnya saya rindukan sejak pertama haji tahun 2006 lalu,” kata Eko.



Sumber : Kompas TV/Kemenag


BERITA LAINNYA



Close Ads x