Kompas TV nasional berita utama

Bandara Halim Kembali Layani Penerbangan Komersial September 2022

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 11:27 WIB
bandara-halim-kembali-layani-penerbangan-komersial-september-2022
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV – Bandara Halim Perdanakusumah rencananya kembali beroperasi melayani penerbangan komersial pada September 2022. Setelah revitalisasi, landasan pacu (runway) Halim Perdanakusumah sudha bisa digunakan untuk penerbangan VIP dan latihan militer.

“Secara teknis runway Bandara Halim sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VIP mulai besok (13 Juli 2022), dan September nanti sudah bisa digunakan untuk komersial,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi susai lepas landas dan pendaratan pesawat kalibrasi jenis King Air 350i di landasan Bandara Halim.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsekal Madya Andyawan menguji coba runway Bandara Halim Perdanakusumah setelah direvitalisasi pada Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Gerbang Tol Halim Diprediksi Jadi Titik Macet Saat Puncak Arus Balik Lebaran

Bandara Halim Perdanakusumah sempat berhenti beroperasi sejak Januari 2022 karena program revitalisasi. Fasilitas sisi darat maupun udara diperbaiki untuk meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Budi Karya mengatakan, penggunaan landasan secara terbatas dimaksudkan untuk memperbaiki adanya kekurangan dalam bandar udara.

“Selain landasan, kami juga membangun terminal untuk tamu VVIP. Pengoperasian secara komersial akan dilakukan berbarengan dengan selesainya bangunan terminal,” katanya sebagaimana dikutip Antara.

Baca Juga: Halim Perdanakusuma Akan Tutup Sementara, Sejumlah Penerbangan Dialihkan ke Soetta hingga Kertajati

Menteri Perhubungan mengapresiasi Kementerian Pertahanan, Kementerian PUPR, Angkasa Pura II, kontraktor pembangunan, dan jajarannya yang telah mendukung selama pengerjaan.

Pekerjaan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma sudah selesai 72,6 persen.

Pekerjaan sisi udara diantaranya landasan pacu (runway), landas hubung (taxiway), dan landas parkir (apron) ditargetkan selesai pada akhir bulan Juli 2022.

Pekerjaan sisi darat, seperti gedung terminal, akan diselesaikan pada akhir Agustus 2022.

Baca Juga: Bandara Halim Perdanakusuma Tutup 3,5 Bulan Per 26 Januari, Calon Penumpang Diminta Hubungi Maskapai

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2022, lingkup pekerjaan revitalisasi berupa penyehatan landas pacu (runway) dan landas hubung (taxiway); peningkatan kapasitas landas parkir (apron) pesawat udara Naratetama dan Naratama; renovasi gedung Naratetama dan Naratama; renovasi bangunan operasi; perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara; dan penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan akibat pekerjaan revitalisasi.

Hadir pula dalam uji coba tersebut Sekjen Kemenhub Novie Riyanto, Plt. Dirjen Udara Nur Isnin, Dirut AP II Muhammad Awaluddin, Dirut WIKA Agung Budi Waskito dan Dirut PT PP Novel Arsya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x