Kompas TV nasional update

Gerbang Tol Halim Diprediksi Jadi Titik Macet Saat Puncak Arus Balik Lebaran

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 11:43 WIB
gerbang-tol-halim-diprediksi-jadi-titik-macet-saat-puncak-arus-balik-lebaran
Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama (Sumber: ANTARA/HO-Jasa Marga)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memprediksi Gerbang Tol (GT) Halim akan menjadi titik macet utama pada puncak arus balik Lebaran yang diperkirakan akan jatuh pada Minggu (8/5/2022).

Menurutnya, akan ada kurang lebih 1,2 juta kendaraan yang nanti akan lewat Gerbang Tol Halim sebagai pintu masuk dari arah timur kota Jakarta.

"Beban terberat adalah nanti di pintu masuk Jakarta yang dari arah Jawa Barat dan Jawa Tengah yang berangkat dari Cikampek Utama dan Kalihurip Utama," kata Sambodo, Kamis (5/5/2022).

Ia mengatakan GT Halim hanya mempunyai 13 gerbang. Nantinya, GT tersebut harus menampung arus balik kendaraan dari GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama.

Baca juga: Catat! Ini Call Center dan Nomor Penting untuk Kondisi Darurat di Puncak Bogor

Terkait hal itu, ia menuturkan pihaknya telah menyiapkan beberapa skenario rekayasa lalu lintas untuk mencegah terjadinya kemacetan panjang pada puncak arus balik.

"Pertama adalah menerapkan one way sampai GT Halim dan di KM3+500 arus lalu lintas akan dibuka dari dua arah agar kendaraan dari Jalur A dan Jalur B tetap bisa masuk ke GT Halim," ucapnya.

Lalu Kedua, kepolisian bersama Jasamarga mempersiapkan kebijakan dengan mengubah pintu masuk tol ke arah Cikampek menjadi pintu keluar tol sehingga pengguna jalan tak perlu melintasi GT Halim dan bisa langsung keluar tol.

"Intinya adalah nanti warga masyarakat yang mengambil jalur sebelah kanan itu tidak perlu takut kalau mau keluar ke arah Bekasi Cikarang dan sebagainya. Dia tidak usah memaksa ke kiri dulu baru keluar, dia dari kanan pun bisa keluar melalui jalur-jalur yang tadinya untuk entrance," ujarnya.

Baca juga: Kecelakaan Lalin di Sulteng Meningkat Saat Mudik Lebaran 2022, Polisi Ungkap Penyebab Utamanya

Ketiga, polisi akan menerapkan kebijakan buka tutup di sekitar Cikunir sehingga kendaraan dari ruas tol Jakarta - Cikampek dan tol layang MBZ akan dibelokkan masuk ke ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

"Nanti ketika GT Halim sudah mulai lancar baru kita buka kembali. Ini untuk memaksimalkan, karena JORR ini dia punya 23 gerbang jadi kita akan maksimalkan itu," kata Sambodo.

"Apabila nanti warga masyarakat akan kembali ke Jakarta terkena pengalihan buka tutup di Cikunir mohon untuk dimaklumi karena semata-mata itu untuk mengatur agar perjalanan warga masyarakat masuk ke Jakarta dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar daripada memaksakan untuk masuk ke GT Halim yang cukup padat," ujar Sambodo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x