Kompas TV nasional peristiwa

Kuda-Kuda Prabowo, Beraksi Setiap Momen Politik dan Jadi Bahan Serangan Saat Kampanye

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 06:20 WIB
kuda-kuda-prabowo-beraksi-setiap-momen-politik-dan-jadi-bahan-serangan-saat-kampanye
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunggang kuda dalam acara internal partai. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di bukit Hambalang, Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,  pada Minggu (18/6/2022) lalu. 

Gibran yang tiba di Hambalang sekitar pukul 9.30 WIB disambut langsung oleh Prabowo, kemudian diajak langsung menuju arena berkuda di padepokan Garuda Yaksa. Gibran tampak antusias karena mendapat kesempatan untuk belajar menunggang kuda bersama Prabowo.

"Dulu saya belajar menaiki kuda pada usia 52 tahun, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Karena berkuda adalah sunah Rasulullah SAW bagi laki-laki muslim," ujar Prabowo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/6/2022).

Dalam momen belajar berkuda ini, tercetus saran agar Gibran maju dalam Pilgub, entah Jakarta atau Jawa Tengah.

Sebelumnya ayah Gibran, Presiden Joko Widodo, juga pernah mendapat kesempatan naik kuda bersama Prabowo. 

Kala itu Jokowi baru dua tahun duduk di kursi presiden hasil Pilpres 2014, mengalahkan Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa.

Di rumah Prabowo, Jokowi mengaku baru pertama kali menunggang kuda. Jokowi diarahkan untuk menaiki kuda putih yang bernama Salero. Sementara Prabowo menaiki kuda berwarna cokelat yang bernama Principe.

Baca Juga: Dahnil Anzar Ungkap Alasan Prabowo Usulkan Gibran Maju Pilgub 2024

"Beliau ini rupanya punya bakat naik kuda, soalnya beliau punya kelebihan badannya ringan, jadi kuda suka yang ringan-ringan," ujar Prabowo sambil tertawa kala itu  Senin 31 September 2016. Pertemuan dua rival sambil berkuda itu, disebut-sebut sebagai bagian dari rekonsiliasi. 

Dalam urusan menunggang kuda, Prabowo memang sangat piawai. Sering kali dia memamerkan kepandaiannya itu. Misalnya, dalam perhelatan Pilpres 2014, Prabowo tampil menunggang kuda sebagai bagian dari defile dalam rangka ulang tahun Gerindra ke-6 sekaligus kampanye Pilpres di Gelora Bung Karno, Minggu 23 Maret 2014. 

Mantan Danjen Kopassus itu mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih dan peci hitam. Di pinggang Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini terselip sebuah keris yang dibelit selendang berwarna merah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x