Kompas TV nasional sosial

Keluarga Cendekiawan Budhis Dukung Pembatasan Pengunjung Borobudur, Khususnya Area Arupa Dhatu

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 20:29 WIB
keluarga-cendekiawan-budhis-dukung-pembatasan-pengunjung-borobudur-khususnya-area-arupa-dhatu
Kemegahan bangunan Candi Borobudur terbagi dalam sepuluh tingkat. Tingkatan tersebut memiliki filosofi yang melambangkan tahap dan proses hidup manusia. (Sumber: Dok. Jalan-Jalan Kompas TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS. TV – Keluarga Cendekiawan Budhis Indonesia (KCBI) mendukung upaya pemerintah menjaga kelestarian Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Termasuk, dengan menerapkan pembatasan pengunjung di situs warisan dunia tersebut.

“Kami mendukung penuh upaya pemerintah Indonesia menjaga kelestarian Candi Borobudur, terlebih UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa) telah menetapkan Candi Borobudur sebagai situs warisan dunia atau world heritage,” ujar Ketua Pelaksana KCBI Eric Fernardo, dalam pernyataan kepada Kompas TV, Senin (6/6/2022).

Dia menyatakan perlu adanya aturan kapasitas maksimum untuk membatasi orang yang bisa naik ke struktur dan puncak bangunan terutama di area Arupa Dhatu (tingkatan tertinggi di struktur Borobudur).

Baca Juga: Jangan Salah Paham! Rp750.000 Itu Tarif Naik Candi Borobudur, Bukan Harga Tiket Masuk Kawasannya

Eric menyatakan pendekatan keagamaan dalam pengelolaan Borobudur seharusnya lebih diperkuat. Sebab bagaimanapun Borobudur adalah tempat ibadah bagi umat Budha.

“Hendaknya pengelolaan candi Borobudur ke depan harus diperkuat dari sisi spiritual keagamaan, sebagai tempat ibadah agama Budha, Indonesia dan dunia,” ungkapnya.

Dia juga berharap pihak yang bisa naik ke struktur dan puncak bangunan Candi hanya umat Budha yang sedang melakukan ritual peribadatan.

Baca Juga: Wacana Harga Tiket Jadi Rp 750 Ribu, Pedagang di Candi Borobudur Resah

Karena itu, kata Eric, komersialisasi candi Borobudur dengan menjual tiket ke wisawatawan harus dikaji kembali.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x