Kompas TV nasional viral

Heboh Video Nakes dan Mahasiswi Keperawatan Disebut sebagai Perilaku Tidak Etis Bermedia Sosial

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 16:33 WIB
heboh-video-nakes-dan-mahasiswi-keperawatan-disebut-sebagai-perilaku-tidak-etis-bermedia-sosial
Viral video tenaga kesehatan (nakes) yang uyel-uyel bayi baru lahir. Ia juga terlihat menempelkan wajahnya yang bermasker ke wajah bayi. (Sumber: Tiktok)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Belakangan ini video tentang tenaga kesehatan (nakes) dan mahasiswa keperawatan yang sedang praktik di rumah sakit (RS) menjadi viral karena menuai banyak kecaman warganet (netizen).

Bukan tanpa alasan, video yang memperlihatkan sejumlah nakes sedang mencubit dan "menguyel-uyel" pipi bayi yang baru lahir di RSIA Santa Anna, Bandar Lampung itu menjadi bulan-bulanan warganet karena dinilai melanggar kode etik profesi.

Selain itu, seorang mahasiswi yang sedang praktik di RSUD Wonosari juga menjadi perbincangan warganet setelah mengunggah video berisi cerita pengalamannya memasang kateter untuk pasien laki-laki.

Pakar komunikasi dan literasi digital Universitas Gadjah Mada, Zainuddin Muda Z. Monggilo menjelaskan, dalam kajian komunikasi, yakni literasi digital, fenomena ini merupakan persoalan etika dalam bermedia digital, khususnya bermedia sosial.

"Sederhananya, perilaku yang tidak etis dan bijak dalam bermedia sosial. Atau dalam istilah yang lebih populer di kalangan anak muda biasanya disebut dengan perilaku minus akhlak atau kurang bermoral atau semacamnya," jelas Zainuddin melalui keterangan tertulis yang disampaikan kepada KOMPAS TV, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga: Viral Nakes Bikin Konten Uyel-uyel Bayi Baru Lahir, Ini Klarifikasi dari Pihak RS

Menurut Zainuddin, kecanduan media sosial hingga menciptakan perilaku bermedia sosial yang melampaui batas privasi dan etis ini bisa saja disebabkan oleh beberapa hal yang sifatnya internal (dari pengguna) maupun eksternal (di luar pengguna).

Namun, menurutnya, penyebab utama unggahan video-video tersebut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan seseorang terkait batas privasi dan etika.

"Akan tetapi, penyebab mendasar yang biasanya menjadi pemicu adalah kurangnya pengetahuan dan wawasan terkait batas privasi dan etis yang dimaksud," kata dosen Ilmu Komunikasi UGM yang akrab disapa Zam itu.

Selain itu, kata Zam, kurangnya pengetahuan terkait batas privasi dan etika diikuti dengan ketidakmampuan untuk mengelola dan mengevaluasi apa yang perlu, penting, dan bermanfaat untuk dibagikan melalui media sosial. 

"Etika berkaitan dengan apa yang baik dan apa yang buruk dalam kaitannya dengan moral atau akhlak," jelas Zam.

Baca Juga: Fakta Mahasiswi Curhat Pasang Kateter Pasien Pria, Minta Maaf hingga Ditarik dari Tempat Praktik

Sedangkan, kata Zam, etika komunikasi menegaskan tentang hal yang seharusnya atau tidak seharusnya dilakukan dalam berkomunikasi karena pertimbangan moral.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x