Kompas TV nasional peristiwa

Upaya Pencarian Tak Membuahkan Hasil, Keluarga Ikhlas Eril Dinyatakan Meninggal Dunia

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 05:30 WIB
upaya-pencarian-tak-membuahkan-hasil-keluarga-ikhlas-eril-dinyatakan-meninggal-dunia
Profil Emmeril Khan Mumtadz, anak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang hilang di sungai Aaree, Swiss. (Sumber: Instagram)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Emmeril Khan Mumtadz alias Eril, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dinyatakan telah meninggal dunia setelah seminggu dilakukan pencarian di Sungai Aare, Swiss.

Keputusan Eril dinyatakan meninggal dunia setelah pemerintah kota Bern, Swiss dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan korban telah wafat.

Baca Juga: Pencarian Eril Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare Dilanjutkan Menggunakan Drone Bawah Air

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss menyampaikan bahwa otoritas setempat sudah mengubah status pencarian Eril.

Adapun status yang dimaksud yaitu dari sebelumnya 'pencarian orang hilang' (missing person) menjadi 'mencari orang yang tenggelam' (drowned person).

Dengan demikian, maka hal tersebut mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan sudah meninggal dunia.

Hal tersebut juga dipertegas oleh keterangan keluarga Ridwan Kamil. "Innalillahi wainnailaihi rojiun," kata Willy Aditya, paman dari Emmeril Khan Mumtadz, di  Jakarta pada Jumat (3/6/2022) dini hari.

Baca Juga: Wali Kota Bern Tulis Tangan Surat untuk Keluarga Ridwan Kamil, Sampaikan Duka Terkait Hilangnya Eril

"Eril kini sudah dinyatakan wafat karena tenggelam. Terimakasih atas semoa doa, harapan dan dukungan kawan-kawan selama masa pencarian keponakan kami," kata Willy kepada KOMPAS TV.

Willy mewakili keluarga Ridwan Kamil tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, dan warga Jawa Barat pada khususnya yang telah mendoakan korban.

Termasuk memberikan dukungan kepada keluarga, khususnya untuk kedua orang tua korban yang tak pernah lelah mencari keberadaan Eril di Sungai Aare, Swiss.

Willy pun mengajak kepada masyarakat muslim di Tanah Air untuk menggelar Shalat Ghaib setelah melakukan ibadah Shalat Jumat.

Baca Juga: Pemerintah Swiss Sampaikan Komitmen Untuk Terus Membantu Pencarian Eril di Sungai Aare

"Jika berkenan besok setelah sholat jum'at kami memohon dengan sangat untuk mengadakan sholat ghoib untuk almarhum," ujar Willy.

Pada Kamis, 2 Juni 2022 waktu setempat upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril masih terus dilakukan di Sungai Aare, Swiss.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x