Kompas TV nasional gaya hidup

Tren Work From Anywhere (WFA) yang Lagi Digandrungi Milenial

Kompas.tv - 10 November 2022, 06:10 WIB
tren-work-from-anywhere-wfa-yang-lagi-digandrungi-milenial
(Sumber: Freepik - tete_escape)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah ada Work From Home (WFH), kini muncul istilah baru, yaitu Work From Anywhere (WFA). Artinya, para karyawan bisa bekerja sembari bepergian ke luar kota.

Tak hanya itu, beberapa kantor bahkan sudah memperbolehkan karyawannya untuk melakukan tren kerja tersebut. Disebutkan pula dalam artikel Harvard Business Review, bahwa milenial sudah sangat tertarik dengan model kerja ini.

Bahkan, studi yang dipublikasikan pada 2015 oleh Bloom dkk menemukan bahwa ketika para karyawan bisa memilih untuk bekerja di kantor atau di luar, tingkat produktivitas pun meningkat sebesar 22 persen. 

Mincot, admin HRD Bacot, melalui siniar Obsesif bertajuk “Maksimalkan Work Form Anywhere” juga menambahkan kalau tren kerja ini sebenarnya sudah lama dilakukan. Akan tetapi, pada saat itu, belum ada istilah yang tepat.

Dulu, tren ini hanya dilakukan oleh pekerja lepas (freelancer) dan pembuat konten (content creator). "Dan, istilahnya belum dipakai secara menyeluruh untuk pekerjaan yang sifatnya formal,” tambah Mincot.

Baca Juga: Wacana Ridwan Kamil, ASN di Jawa Barat Menjalankan Sistem WFH Permanen

Pada Awalnya, Diperlukan Adaptasi

Sebelum bisa fleksibel ketika melakukan WFA, kita pasti memerlukan adaptasi agar mampu mencapai titik nyaman. Hal ini disebabkan karena sebelumnya, kita harus pergi ke kantor.

Hal ini pun berubah ketika WFA, kita tak perlu menyiapkan diri untuk berangkat ke kantor. Selain itu, kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya sembari bekerja. Alhasil, semuanya jadi lebih fleksibel.

"Menurut Mincot, produktif (dalam WFA itu) kita bisa ngelakuin hal lain dan menghemat tenaga untuk berangkat dan pulang kantor."

Kriteria Perusahaan yang Ideal untuk WFA

Sayangnya, tak semua industri bisa menerapkan model kerja ini. Biasanya, perusahaan di bidang teknologi, seperti startup yang lebih banyak memperbolehkan karyawannya untuk WFA.

Untuk posisi, biasanya WFA bisa diterapkan pada karyawan yang mayoritas melakukan pekerjaannya di back office. Artinya, mereka yang tak perlu banyak berinteraksi dengan pihak eksternal. Misalnya, engineer, HR, atau trainer.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x