Kompas TV nasional peristiwa

Atap Tribun Penonton Formula E Terbawa Angin, Politikus PDIP DKI: Persiapan Tidak Matang

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 16:17 WIB
atap-tribun-penonton-formula-e-terbawa-angin-politikus-pdip-dki-persiapan-tidak-matang
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono. (Sumber: Tribun News)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyebut persiapan ajang balap mobil listrik Formula E tidak matang merujuk pada atap tenda tribun penonton yang terbawa angin pada Jumat (27/5/22) kemarin. 

"Niat begitu tinggi, tapi tidak disikapi dengan matang. Karena persiapan tidak matang yang dikejar hanya memenuhi target," kata Gembong kepada wartawan, Senin (30/5/22).

Baca Juga: Wagub DKI Minta Tak Khawatir Ambruknya Struktur Atap dan Penopang Tenda Tribun Penonton Formula E

Menurut dia, ada banyak faktor mengapa atap tribun tersebut bisa jatuh. Salah satunya ialah mengejar target waktu yang semakin dekat dengan acara sehingga konstruksi bangunan tidak maksimal. 

"Karena ngejar waktu itu jadi mengabaikan hal penting soal konstruksi," kata dia. 

Padahal, lanjut Gembong, faktor keselamatan seharusnya jadi prioritas. 

Gembong meminta agar peristiwa ini menjadi bahan evaluasi mendalam bagi penyelenggara untuk menjamin keselamatan penonton. 

Diketahui, struktur penopang atap tenda salah satu tribun Formula E ambruk pada Jumat malam. Panitia penyelenggara beralasan jatuhnya atap akibat dari hujan deras disertai angin kencang. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sudah meminta masyarakat untuk tidak khawatir atas kejadian ambruknya struktur atap dan penopang tenda pada tribun penonton Formula E..

"Tidak usah khawatir. Insya Allah nanti penyelenggaraan Formula E kan tanggal 4 Juni 2022," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/5/22). 

Baca Juga: Penyelenggara Formula E Tidak Mau Pakai Pawang Hujan: Kami Enggak Sampai Segitu Lah

Sementara itu, Principal Safety Consultant Formula E Operation Richard Bates mengatakan bahwa perbaikan atap tribun penonton di sirkuit Formula E akan selesai pada Kamis, 2 Juni 2022.

Tepatnya, H-2 balapan berlangsung yakni Sabtu, 4 Juni 2022 di Ancol, Jakarta Utara. 

Richard menjelaskan, dalam dua hari ini, pihaknya akan memindahkan terlebih dahulu material yang rusak. Lalu pada Rabu (1/6/2022) mulai memasang kembali.

"Dalam tiga hari kami akan bangun lagi, dan diperkirakan selesai pada hari Kamis (2/6/2022) target maksimal hari Kamis," kata Richard saat konferensi pers Formula E di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (29/5/22). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x