Kompas TV nasional peristiwa

Penyelenggara Formula E Tidak Mau Pakai Pawang Hujan: Kami Enggak Sampai Segitu Lah

Senin, 30 Mei 2022 | 10:07 WIB
penyelenggara-formula-e-tidak-mau-pakai-pawang-hujan-kami-enggak-sampai-segitu-lah
Laga balap Formula E di Mexico City E-Prix 2020. (Sumber: TWITTER/@JaguarRacing)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vice Managing Director Organizing Committee Jakarta E Prix Gunung Kartiko memastikan pihaknya tidak akan menggunakan pawang hujan untuk ajang balap mobil listrik tersebut. 

"Kami nggak sampai segitu lah, nggak perlu pawang-pawang lah dan insyaallah kita jam 3 sore mudah-mudahan enggak ada angin ribut," kata Gunung dalam konferensi pers di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (29/5/22) sore. 

Baca Juga: Penyelenggara Sebut Sponsor Lokal Formula E Pasti Bertambah, BUMN Belum Ada

Panitia, kata Gunung, sudah terus berkomunikasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai prakiraan cuaca saat hari H balapan mobil listrik tersebut untuk mengantisipasi cuaca ekstrem. 

"Kita juga komunikasi dengan BMKG seperti apa, memang kita lihat minggu-minggu ini akan ada beberapa hujan ya," ujar Gunung.

Saat balapan nanti, jelas Gunung, akan ada race control yang bertanggung jawab dalam antisipasi jika terjadi cuaca ekstrem.

"Jadi semua keputusan ada di ruang itu dan di ruang itu nanti akan berkumpul semua stakeholder, baik dari sisi balapannya, maupun dari sisi event sendiri, keputusan ada di situ," ujarnya.

Hal ini juga ditegaskan oleh Principal HSE Consultant Formula E Operation Richard Bates yang mengatakan pihaknya telah memiliki mitigasi apabila terjadi cuaca ekstrem saat pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu.

Pihaknya akan mengandalkan prediksi iklim dari BMKG. 

Baca Juga: Jika Terjadi Cuaca Ekstrem Saat Formula E: Balapan Dihentikan, Penonton Dievakuasi dari Tribun

"Kami menggunakan informasi dari BMKG untuk prediksi iklim dan cuaca, kita enggak bisa mengubah cuaca, tapi kita punya rencana mitigasi," ujar Richard.

Richard mengaku tidak khawatir dengan cuaca buruk yang dapat terjadi sebab pihaknya sudah melangsungkan berbagai gelaran balap Formula E di sejumlah negara dengan cuaca tidak menentu. 

Jika cuaca ekstrem melanda, nantinya balapan akan dihentikan dan penonton akan dikeluarkan dari grandstand.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x