Kompas TV nasional peristiwa

Mengenal Sungai Aare, Tempat Wisata Favorit di Swiss Saat Musim Panas

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 17:21 WIB
mengenal-sungai-aare-tempat-wisata-favorit-di-swiss-saat-musim-panas
Sungai Aare, tempat anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz hilang. Berenang di sungai itu ternyata merupakan salah satu aktivitas resmi UNESCO. (Sumber: Bern.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV — Sungai Aare atau Sungai Aar merupakan sebuah sungai yang memiliki panjang 288 km. Berkat itu, Sungai Aare disebut sebagai sungai terpanjang yang melingkari Ibu Kota Swiss, Bern.

Diketahui, Aare adalah sungai yang berhulu dari dataran tinggi Pegunungan Alpen wilayah Bern dan bermuara di Sungai Rhein di dekat Kota Waldshut, Jerman.

Sungai Aare bahkan telah menjadi ikon pusat pemerintahan Negara Alpen itu dan menjadi tempat wisata favorit warga lokal ataupun mancanegara saat musim panas tiba.

Hal tersebut dibenarkan juga oleh Desiree Seoulika, seorang perempuan asal Indonesia yang pernah tinggal di Swiss selama tiga tahun karena melanjutkan sekolah.

"Kalau sudah summer (musim panas) itu rame banget, Mba. Warga lokal pun rame banget di situ, ada yang berenang, pakai perahu boat itu sambil minum-minum. Mereka (warga lokal) suka sambil minum wine dan bir," kata Desiree saat dihubungi Kompas.TV, Jumat (27/5/2022).

Kendati demikian, selama tinggal di Swiss dirinya mengungkapkan belum pernah berenang dan naik perahu di Sungai Aare karena tidak berani. Salah satu alasannya, karena Sungai Aare memiliki arus yang deras.

Biasanya ia bersama suami, hanya menikmati keindahan sungai tersebut di pinggiran sembari merendam kaki.

"Kalau saya sukanya rendem-rendem kaki di air aja, karena emang airnya dingin meskipun lagi summer dan arusnya emang kenceng banget mba. Makanya saya sendiri sama suami enggak berani untuk berenang," ungkapnya.

Ia juga mengakui bahwa Sungai Aare di Bern itu sangat indah dan bersih. Bahkan lanjutnya, saat cuaca cerah pengunjung di Sungai Aare bisa melihat air hingga ke dasar sungai.

"Sungai Aaree di Bern itu indah, airnya bersih dan jernih banget. Bahkan, kalau cuaca cerah kita bisa lihat dasar sungai," ujarnya.

Pengunjung di Sungai Aare Swiss yang menggunakan waterproof bag (Sumber: Swissinfo.ch)

Meski biasa menjadi spot berenang favorit saat musim panas, mengutip bern.com dikatakan bahwa Sungai Aare hanya direkomendasikan bagi mereka yang mempunyai kemampuan berenang yang baik.

Bahkan, Desiree juga menjelaskan bahwa warga lokal yang biasa berenang di Aare rata-rata membawa waterproof bag sebagai pengaman dan menyimpan barang-barang bawaan seperti kunci dan dompet.

Sementara itu, melansir laman eigeradventure.com, tas tersebut cocok digunakan untuk berkegiatan olahraga air seperti kayak, arung jeram, dayung, berperahu, dan berlayar. Namun tidak diperkenankan untuk aktivitas menyelam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x