Kompas TV nasional peristiwa

Motor hingga Bus Terjebak Macet Menuju Pelabuhan Merak, Antre sampai 6 Jam

Kompas.tv - 29 April 2022, 10:46 WIB
motor-hingga-bus-terjebak-macet-menuju-pelabuhan-merak-antre-sampai-6-jam
Para pemudik sepeda motor mengantre untuk memasuki kapal penyeberangan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (29/4/2022). Pemudik sepeda motor ini sudah ramai mengisi jalanan sekitar Pelabuhan Merak sejak Jumat (29/4) dini hari. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

TANGERANG, KOMPAS.TV - Antrean panjang masih terjadi di Pelabuhan Merak, Tangerang, Banten pada Jumat (29/4/2022) pagi. Berdasarkan pantauan Jurnalis Kompas TV Herdi, kendaraan mulai dari mobil pribadi hingga bus sudah mengantre di sana  selama 6 jam.

"Untuk masuk ke pelabuhan, mereka harus mengantre selama 5 jam," kata Herdi dalam laporannya di Program Breaking News Kompas TV, Jumat (29/4).

Setelah berhasil masuk pelabuhan, pemudik masih harus mengantre menunggu proses bongkar muat kendaraan untuk bisa masuk ke kapal di dermaga, selama 1 jam.

"Sehingga banyak pemudik yang mengantre hingga 6 jam," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Ubah Pintu Masuk One Way di Tol Japek agar Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Bisa Lewat Tol

Tidak hanya mobil dan bus, sepeda motor juga terjebak kemacetan saat akan masuk ke pelabuhan dan saat akan masuk ke kapal.

Salah satu pemudik yang terjebak kemacetan panjang adalah Slamet, pemudik asal Bekasi, Jawa Barat yang akan menuju Medan, Sumatera Utara.

Ia mengaku berangkat dari Bekasi pada Kamis (28/4) pukul 22.00 WIB. Memasuki kawasan Cilegon pada pukul 23.00 WIB, mobilnya sudah tidak bisa bergerak karena antrean kendaraan. Pada Jumat (29/4) pukul 10.00 WIB, Slamet masih berada di dermaga menunggu masuk ke kapal.

"Banyak banget yang mudik hari ini, mungkin karena udah pada dapet cuti bersama ya," tutur Slamet kepada Kompas TV.

Ia pun mengeluhkan fasilitas umum seperti toilet yang jauh dari posisi kendaraan mengantre. Sehingga sangat menyulitkan mereka yang terjebak macet.

Dalam laporannya, Herdi menjelaskan jika pada Kamis kemarin, rata-rata pemudik hanya mengantre selama 3 jam untuk masuk ke pelabuhan hingga menaiki kapal. Namun karena saat ini adalah puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, antrean pemudik semakin panjang sehingga waktu yang dibutuhkan untuk masuk ke kapal semakin lama.

Baca Juga: Hindari Penumpukan Di Pintu Tol, Pastikan Saldo E Toll Cukup

Menurut proyeksi kepolisian setempat, kondisi itu akan terjadi hingga sore hari ini.

"Di tengah kepadatan pemudik, pihak ASDP tidak bisa mempercepat proses bongkar muat kurang dari 1 jam untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak," ucap Herdi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x