Kompas TV nasional peristiwa

Luhut Bertemu Bos Tesla Elon Musk di Amerika, Apa yang Dibahas?

Kompas.tv - 26 April 2022, 08:38 WIB
luhut-bertemu-bos-tesla-elon-musk-di-amerika-apa-yang-dibahas
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu bos Tesla Elon Musk di Giga Factory Texas, Austin, Texas, Amerika Serikat. (Sumber: ist)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu bos Tesla, Elon Musk di Giga Factory Texas, Austin, Texas, Amerika Serikat.

Adapun informasi tersebut diketahui dari unggahan di Instagram Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Anindya Novyan Bakrie yang juga tutrut mendampingi Menko Marves RI tersebut.

Dalam unggahannya ini, Anindya menuturkan tujuan dari pertemuan dari rombongan Kemenko Marves salah satunya adalah untuk meyakinkan Tesla terkait kerja sama soal nikel, komponen utama untuk membuat baterai mobil listrik.

"Tujuan kami adalah untuk meyakinkan Tesla agar dapat menjajaki kerja sama dengan Indonesia perihal penyediaan dan pemprosesan Nikel sebagai bahan baku membuat Battery Cell yang berlandaskan ESG (Environment, Social dan Governance) yang baik dan berkelanjutan," kata Anindya dalam akun Instagram miliknya, Selasa (26/4/2022). 

Selain itu, Anindya yang mewakili Kadin, memanfaatkan pertemuan tersebut untuk mengundang secara langsung Elon Musk hadir dalam rangkaian acara G20 dan B20 yang akan berlangsung November tahun ini di Bali.

"Pada kesempatan yang baik ini, kami juga untuk memaparkan program G20/B20, termasuk mengundang beliau untuk bergabung ke International Advisory Caucus B20 dan hadir di acara B20 di pertengahan November ini," ujarnya. 

Baca Juga: Tak Mau Didikte Tesla, Luhut: Indonesia Bukan Republik Pisang

Adapun dalam rombongan tersebut juga hadir salah satu pengusaha batu bara yang juga keponakan Luhut, Pandu Patria Sjahrir.

Melalui akun Instagramnya, Pandu menuturkan bos Tesla ini terlihat antusias membicarakan Indonesia dan kemajuan industri nikel dan kendaraan listrik di Indonesia.

"Kami satu delegasi dipimpin pak @luhut.pandjaitan berbicara mengenai electric vehicle, renewable energy dan juga mengenai B20," ujarnya dalam akun Instagram @pandusjahri, Selasa.

"Elon sangat semangat membicarakan Indonesia dan kemajuan industri Nickel dan Electric vehicle Di Indonesia," ujarnya.

Dia kemudian berharap pertemuan tersebut bisa membawa lebih banyak lagi investasi high technology ke Indonesia. Sehingga Indonesia bisa menjadi bagian penting dari supply chain Global Electric Vehicle industry.

Seusai mengadakan pertemuan, Luhut beserta rombongan diajak berkeliling meninjau Giga Factory Texas untuk melihat proses pembuatan mobil Tesla. Dari mulai perakitan bodi hingga siap untuk dijual.

Diketahui, Giga Factory Texas atau Giga Texas adalah pabrik yang dipakai oleh Tesla untuk memproduksi mobil listrik mereka.  

Fasilitas manufaktur otomotif ini merupakan pabrik terbesar di negara Paman Sam dan bangunan terbesar ke dua di dunia berdasarkan volume.

Baca Juga: Elon Musk Resmi Akuisisi Twitter, Gelontorkan Uang Rp634 Triliun



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x