Kompas TV nasional peristiwa

Menhub: Bandara Trunojoyo Berpotensi untuk Penerbangan ke Jakarta, Banjarmasin, dan Bali

Kompas.tv - 20 April 2022, 10:44 WIB
menhub-bandara-trunojoyo-berpotensi-untuk-penerbangan-ke-jakarta-banjarmasin-dan-bali
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya saat peresmian Bandara Trunojoyo oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

SUMENEP, KOMPAS.TV- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berpeluang untuk melayani rute-rute penerbangan di luar area Jawa Timur.

Misalnya, rute Madura-Banjarmasin, rute Madura-Jakarta, dan rute Madura-Bali.

Demikian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya saat peresmian Bandara Trunojoyo oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022).

“Bandara ini melayani rute-rute yang sangat banyak sebenarnya, yaitu Madura-Surabaya, Madura-Bawean, Madura-Pangurungan, Madura-Banyuwangi, tetapi juga berpotensi untuk ke Madura-Banjarmasin, Madura-Jakarta, dan Madura ke Bali,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Ke Jatim, Presiden Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo Hingga Luncurkan Holding Industri Pertahanan

“Karena banyak pekerja pekerja yang ada di Kalimantan di Jakarta dan di Bali,” tambahnya.

Dalam paparannya, Menhub Budi menuturkan Bandara Trunojoyo dibangun di atas tanah 34 hektar dan berada di Kecamatan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Bandara ini sudah kita kembangkan menjadi bandara dengan panjang runway 1.600 pada tahun 2016 lalu selanjutnya kami mengembangkan ini menjadi satu bandara yang lebih reseprentatif dengan gedung seluas 3600,” ujarnya.

“Dan insya Allah ini dapat diterbangi ATR dan beberapa maskapai penerbangan dapat melakukan ini,” tambahnya.

Dengan dibangunnya Bandara Trunojoyo, Menhub Budi berharap banyak potensi yang dapat berkembang di Pulau Madura.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2022, Bandara Supadio Pontianak Siapkan Posko dan Tambah Jam Operasional

Di samping melayani kebutuhan transportasi masyarakat di pulau Madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar Madura seperti.

“Harapannya dengan dibangunnya bandara ini memberikan suatu kejahteraan bagi masyarakat Madura sekarang khusus dan Jawa Timur secara umum,” ucapnya.

Sebelumnya sebagaimana telah diberitakan, Presiden Jokowi telah meresmikan Bandara Trunojoyo, di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Dalam harapannya, Presiden Jokowi menginginkan Bandara Trunojoyo bisa langsung melayani masyarakat dalam mudik Lebaran 2022.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x