Kompas TV nasional peristiwa

Pemerintah Akan Lakukan Random Cek EHAC PeduliLindungi Bagi Pemudik Pakai Kendaraan Pribadi

Kompas.tv - 17 April 2022, 11:24 WIB
pemerintah-akan-lakukan-random-cek-ehac-pedulilindungi-bagi-pemudik-pakai-kendaraan-pribadi
Ilustrasi. Pemerintah akan melakukan random check atau cek acak kepatuhan masyarakat terkait pengisian Electronic Health Alert Card (EHAC) di dalam aplikasi PeduliLindungi saat mudik lebaran.(Sumber: Kompas TV/Prahayuda Febrianto)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV — Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengatakan pemerintah akan melakukan random check atau cek acak kepatuhan masyarakat terkait pengisian Electronic Health Alert Card (EHAC) di dalam aplikasi PeduliLindungi saat mudik lebaran.

Menurut Kabid Komunikasi Publik Satgas Penanganan COVID-19 Hery Trianto, random check akan dilakukan terutama kepada pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Kendaraan pribadi secara risiko lebih rendah karena umumnya adalah orang yg sudah saling mengenal. Meski begitu tetap diimbau untuk mengisi aplikasi PeduliLindungi karena pemerintah akan melakukan random check kepada masyarakat soal kepatuhan dalam mengisi aplikasi tersebut," kata Hery dalam program dialog Sapa Indonesia Akhir Pekan KOMPAS TV, Minggu (17/4/2022).

Sebelumnya, pengisian EHAC hanya diberlakukan pada moda transportasi udara, namun tahun ini menjadi syarat melakukan perjalanan mudik Lebaran di seluruh moda transportasi, baik udara, darat, dan laut.

Baca Juga: Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022, Ini Cara Mengisi EHAC di Aplikasi Pedulilindungi

Meski begitu, pemerintah memastikan pihaknya tidak akan melakukan penyekatan dan memutarbalikkan kendaraan.

Adapun pengecekan dilakukan, kata Hery, guna memastikan masyarakat memiliki kesadaran tinggi untuk melakukan mitigasi terhadap penularan COVID-19.

"Sejak awal diputuskan untuk tidak ada penyekatan dan lain lain. Jadi masyarakat dituntut untuk memiliki kesadaran yang tinggi untuk melakukan mitigasi risikonya terhadap penularan (COVID-19)," jelasnya.

Selain itu, Hery juga menyebut pengisian EHAC juga penting dilakukan sebagai bagian mekanisme kontrol cepat kelayakan masyarakat untuk melakukan mudik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x