Kompas TV nasional update

Deretan Aksi Demonstrasi BEM SI, Soal Penundaan Pemilu 2024 hingga Kenaikan Harga BBM dan Migor

Kompas.tv - 17 April 2022, 08:29 WIB
deretan-aksi-demonstrasi-bem-si-soal-penundaan-pemilu-2024-hingga-kenaikan-harga-bbm-dan-migor
Suasana unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, setelah massa dari kalangan mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI meninggal lokasi, Senin (11/4/2022). (Sumber: Baitur Rohman/Kompas.tv)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Badan Eksekutif Mahasiswa se-Indonesia (BEM SI) akan kembali turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi pada 21 April 2022 mendatang.

Koordinator Wilayah BEM SI BSJB Muhammad Yusuf mengatakan aksi pada 21 April pekan depan merupakan aksi lanjutan dari demonstrasi yang dilakukan pada 11 April.

Namun begitu, pihaknya belum dapat memastikan terkait lokasi pelaksanakan aksi lanjutan tersebut.

"Untuk lokasinya betul masih ditentukan, aksi di tanggal 21 April ini merupakan aksi lanjutan dari tanggal 11 April kemarin," kata Yusuf dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/4/2022).

Untuk diketahui, BEM SI terhitung sudah tiga kali melakukan aksi demonstrasi dengan salah satu tuntutan sama yakni menolak penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 atau perpanjangan masa jabatan presiden dan wakil presiden.

Baca Juga: Mahasiswa Solo Raya Gelar Demo di Gladag: Soroti Kenaikan Harga BBM, Minyak Goreng, dan IKN

Lebih lengkapnya, berikut ini KOMPAS.TV rangkum sederet aksi demonstrasi BEM SI mulai Maret hingga April 2022:

1. Demo 28 Maret 2022

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar unjuk rasa penolakan terhadap wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Demonstrasi dilakukan di sekitar kawasan Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (28/3) lalu.

Selain itu, BEM SI juga menuntut pemerintah agar mengkaji ulang Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN) sebab terdapat pasal-pasal yang dianggap masalah dalam aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi, dan kebencanaan.

Lalu, menuntut dan mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menstabilkan harga menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat hingga menyelesaikan persoalan pangan serta agraria.

Aksi unjuk rasa tersebut diperkirakan akan diikuti oleh 500 mahasiswa dari berbagai universitas yang tergabung dalam BEM SI.

2. Demo 11 April 2022

Aliansi mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI memindahkan lokasi demonstrasi 11 April 2022, dari sebelumnya di kawasan Istana Negara, menjadi di depan Gedung DPR Senayan, Jakarta Pusat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x