Kompas TV nasional peristiwa

12 April Jadi Hari Internasional Mengenang Yuri Gagarin, Manusia Pertama yang Mengorbit Bumi

Kompas.tv - 12 April 2022, 19:42 WIB
12-april-jadi-hari-internasional-mengenang-yuri-gagarin-manusia-pertama-yang-mengorbit-bumi

Direktur Indonesia Space Science Society (ISSS) Venzha Christ memegang mock up atau tiruan Vostok 1, misi berawak pertama manusia ke luar angkasa di v.u.f.o.c lab, Yogyakarta, Selasa (12/4/2022). (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Belum banyak orang yang tahu bahwa tanggal 12 April diperingati sebagai International Day of Human Space Flight, atau Hari Penerbangan Luar Angkasa Internasional.

Pada 12 April 1961, ada sebuah peristiwa bersejarah dalam perkembangan teknologi peradaban manusia di bumi. Pada saat itu, pertama kali sebuah wahana antariksa untuk pertama kalinya membawa manusia mengorbit Planet Bumi.

Yuri Gagarin, Manusia Pertama yang Mengorbit Bumi

Yuri Gagarin adalah sang pahlawan yang berhasil terbang mengorbit Planet Bumi pertama kali dan kembali dengan selamat. Ini adalah capaian yang sangat penting untuk perkembangan teknologi luar angkasa secara global sampai saat ini.

“Pada hari ini, 61 tahun yang lalu adalah juga sebuah titik awal manusia di bumi untuk menghilangkan imajinasi ketakutan terhadap luasnya alam semesta di luar bumi,” ucap Direktur Indonesia Space Science Society (ISSS) Venzha Christ di Yogyakarta, Selasa (12/4/2022).

Yuri Gagarin yang meluncur dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan pada hari itu membuktikan, manusia mempunyai tugas yang berat untuk mencari berbagai potensi dalam sains antariksa bagi keberlangsungan kehidupan manusia di Planet Bumi.

Pada 7 April 2011, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mendeklarasikan 12 April sebagai Hari Penerbangan Luar Angkasa Internasional. Melalui badan PBB yang mengurusi luar angkasa UNOOSA, PBB mempunyai misi dan tugas untuk mempromosikan penggunaan dan eksplorasi ruang angkasa secara damai, kolaboratif, dan berkesinambungan. Ini demi kepentingan peradaban umat manusia di bumi, yang ditindaklanjuti dengan pembentukan komite penggunaan luar angkasa secara damai, COPUOS.

Menurut Venzha Christ, sebenarnya PBB adalah organisasi dunia yang terakhir menetapkan 12 April sebagai International Day of Human Space Flight, atau Hari Penerbangan Luar Angkasa Internasional.

Baca Juga: Bakal Jadi Simbol Indonesia dalam Eksplorasi Planet Mars, VMARS Dibangun di Yogyakarta Akhir 2022

Prorotipe VMARS, wahana misi pelatihan hidup di Planet Mars, atau yang disebut sebagai Analog Mars. (Sumber: doc. DOES University/istimewa)

“Sebelumnya, sejumlah negara sudah menetapkan 12 April sebagai hari bersejarah yang berkaitan dengan misi berawak pertama ke luar angkasa bernama Vostok 1,” ujar Venzha Christ.

Sejarah tentang tanggal 12 April ini sebenarnya juga sudah diperingati sebagai hari "Cosmonautics Day" di Rusia sejak 1963, sebagai hari untuk peringatan terhadap penerbangan Vostok 1. Di Polandia pada tanggal yang sama juga dipakai sebagai peringatan hari dengan sebutan "International Day of Aviation and Cosmonautics".

Sejak 2001, pada peringatan 40 tahun peluncuran Vostok 1, Amerika Serikat menetapkan hari itu sebagai "Yuri's Night" atau bisa juga disebut "World Space Party". 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x