Kompas TV nasional peristiwa

Genangan Air Cepat Surut, Sistem Drainase dan Irigasi Sirkuit Mandalika Tuai Pujian

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 13:37 WIB
genangan-air-cepat-surut-sistem-drainase-dan-irigasi-sirkuit-mandalika-tuai-pujian
Sistem drainase dan irigasi Sirkuit Mandalika menuai pujian usai diguyur hujan deras pada Minggu (20/3/2022) (Sumber: Kompas.com/Firzie A. Idris)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

LOMBOK, KOMPAS.TV — Balapan MotoGP sempat tertunda selama 75 menit akibat hujan deras yang mengguyur Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022).

Melansir Kompas.com, penundaan dilakukan akibat tikungan 1 sirkuit tergenang air hingga memenuhi run off area dan juga entry point tikungan. Kendati demikian, air tersebut cepat surut ke aliran irigasi sirkuit yang tersedia.

Akibat air yang cepat surut, sistem drainase dan irigasi Sirkuit Mandalika menuai pujian dari sejumlah reporter mancanegara seperti Simon Patterson dan Neill Morisson. 

"Mandalika mungkin mempunyai banyak isu, tetapi sistem drainase bukan salah satunya!" cuit Patterson dengan mengunggah kondisi lintasan yang tergenang satu jam sebelumnya.

Hal sama juga diutarakan oleh jurnalis asal Irlandia, Neil Morrisson, yang memuji drainase balapan.

"Ya, saya lihat itu dan cukup terkejut juga melihat betapa cepat air surut dari lintasan," tuturnya seperti dikutip Kompas.com.

"Dulu pernah ada balapan pada 2018 di Silverstone (Inggris Raya) yang tak jadi bergulir karena lintasan tergenang."

Baca Juga: Hujan Berhenti, Pawang Hujan Raden Rara Istiani Wulandari Jadi Sorotan MotoGP Mandalika

Terkait hal itu, Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria menyatakan sejak awal dibangun drainase Sirkuit Mandalika memang memiliki dengan gorong-gorong besar di sisi lintasan. 

"Drainase cukup bagus karena saat dibangun, Samsul Purba selaku Direktur Teknik MGPA membuat gorong-gorong cukup besar di sisi kiri kanan lintasan," kata Priandhi.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa permukaan lintasan didesain dengan memperhatikan titik tengah lintasan yang dibuat sekian derajat melengkung sehingga mengalirkan air ke kiri dan kanan.

Untuk diketahui, meski sempat diguyur hujan deras akhirnya gelaran MotoGP dapat kembali dilanjutkan.

Dari gelaran itu, Miguel Oliveira berhasil menjadi pemenang balapan MotoGP pertama di sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut.

Baca Juga: Fakta-fakta Rara Isti Wulandari, Pawang Hujan MotoGP Mandalika, Aksinya Dipuji Dunia



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x