Kompas TV nasional politik

Buka Peluang Usung Anies di Pilkada DKI Jakarta, PDI-P: Tergantung Rekam Jejak dan Penilaian DPP

Kompas.tv - 9 Mei 2024, 15:43 WIB
buka-peluang-usung-anies-di-pilkada-dki-jakarta-pdi-p-tergantung-rekam-jejak-dan-penilaian-dpp
Politikus PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) membuka peluang untuk mengusung Anies Baswedan sebagai kandidat calon gubernur pada Peilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Penjelasan itu disampaikan oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (8/5/2024).

Menurutnya, peluang mengusung Anies tersebut tergantung pada rekam jejak dan penilaian DPP PDIP.

“Tentu (ada peluang dari PDI-P untuk Anies). Tergantung penilaian DPP (dewan pimpinan pusat), dan rekam jejak calon tersebut," ucap Gilbert, Rabu (8/5), dikutip Kompas.com.

Gilbert juga menuturkan bahwa DPD PDI-P DKI Jakarta mempersilakan Anies mendaftar sebagai bakal calon gubernur (bacagub) DKI Jakarta melalui partai itu.

Baca Juga: Anies Baswedan Tanggapi Istilah Orang 'Toxic' dalam Pemerintahan yang Disebut Luhut

Sebab, lanjut dia, pintu PDI-P terbuka lebar untuk siapa pun yang ingin mendaftar sebagai bacagub DKI Jakarta.

“Kalau memang Bung Anies berniat maju (Pilkada) lewat PDI-P, sekarang saatnya pendaftaran di DPD. Sistemnya terbuka, silakan mendaftar,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, PDI-P membuka penjaringan bacagub dan bacawagub untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 mulai 8 Mei 2024.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua Pelaksana Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Provinsi Daerah Khusus Jakarta PDI Perjuangan Hendra Gunawan.

"Pendaftaran bakal calon kepala daerah akan dilakukan pada tanggal 8 Mei 2024 sampai dengan 20 Mei 2024," ujar Hendra dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis, Senin (6/5).

Baca Juga: Anies Respons Ganjar Deklarasi Oposisi: Tak Dapat Amanah Berada di Luar Kabinet, Itu Pakem

Ia menyebut PDI-P memberi kesempatan bagi seluruh putra-putri terbaik untuk mendaftarkan diri menjadi bakal calon kepala daerah Provinsi Daerah Khusus Jakarta.

"PDI Perjuangan akan melakukan penjaringan yang nanti akan ditingkatkan dalam penyaringan secara berjenjang yang dilakukan oleh Dewan Pimpinan Pusat bersama Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan," bebernya.


 




Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x