Kompas TV nasional peristiwa

Ternyata 6 Gubernur Absen Prosesi Kendi Nusantara yang Digelar Jokowi di IKN, Ini Nama-namanya

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 12:39 WIB
ternyata-6-gubernur-absen-prosesi-kendi-nusantara-yang-digelar-jokowi-di-ikn-ini-nama-namanya
Prosesi penyatuan tanah dan air yang dilakukan Presiden Jokowi dan 34 Gubernur di seluruh Indonesia di titik nol IKN di Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Kegiatan Prosesi Kendi Nusantara yang digelar Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Negara (Nusantara) ternyata tak dihadiri oleh seluruh gubernur.

Tercatat, sebanyak 6 gubernur absen dalam prosesi Kendi Nusantara tersebut. Meskipun begitu, para gubernur yang tidak hadir mengirimkan sejumlah perwakilan.

Baca Juga: Berikut Daftar 25 Lembaga Pemerintah yang Tak Dipindahkan ke IKN Nusantara

Mereka yang diberi mandat oleh para gubernur yang tidak hadir itu ditugaskan untuk menyerahkan tanah dan air kepada Presiden Jokowi untuk keperluan Prosesi Kendi Nusantara tersebut.

Adapun enam gubernur yang tak hadir alias absen dalam acara itu antara lain Gubernur Banten Wahidin Halim, yang kemudian menugaskan Andika Hazrumy.

Kemudian, Gubernur Papua Lukas Enembe juga berhalangan hadir. Ia kemudian mengutus Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Y. Derek Hagemu.

Lalu, Gubernur Bali Wayan Koster yang tidak memenuhi undangan Presiden Jokowi. Wayan Koster kemudian menugaskan Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

Baca Juga: Jokowi Menginap di IKN dengan Tenda Sederhana, Ribuan Anggota TNI-Polri Amankan

Berikutnya, giliran Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie juga tak memenuhi acara Prosesi Kendi Nusantara. Ia diwakilkam oleh Idris Rahim.

Selanjutnya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman juga absen menghadiri acara tersebut. Ia kemudian mengutus Wakil Gubernur Abdul Fatah.

Terakhir, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran yang giliran absen pada acara yang digelar Jokowi itu. Ia diwakilkan oleh Wagub Kalteng Edy Pratowo.

Dengan demikian, hanya 28 gubernur yang hadir atau memenuhi undangan Presiden Jokowi untuk mengikuti prosesi Kendi Nusantara.

Baca Juga: Ganjar Rahasiakan Lokasi Pengambilan Tanah dan Air yang Dibawa ke IKN, Sebut dari Pusat Bumi

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Keduanya disambut oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x