Kompas TV nasional peristiwa

Duh! Merek Kopi Saset Berisi Paracetamol dan Sildenafil Masih Dijual Bebas di Tokopedia

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 16:07 WIB
duh-merek-kopi-saset-berisi-paracetamol-dan-sildenafil-masih-dijual-bebas-di-tokopedia
Kopi Cleng salah satu barang bukti yang disita BPOM saat operasi penindakan produk ilegal obat tradisional dan pangan yang mengandung bahan kimia obat di Kota Bandung dan Kabupaten Bogor, Selasa (22/2/2022). (Sumber: TribunJabar.id)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah merek kopi mengandung paracetamol dan sildenafil yang ditemukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih beredar di Tokopedia.

Sebelumnya, BPOM mengungkap produsen kopi ilegal yang menaruh bahan kimia seperti paracetamol dan sildenafil dalam kopi saset di kawasan Bandung dan Bogor, Jawa Barat.

Penjualan kopi berbahaya ini juga memalsukan izin BPOM pada kemasannya.

Ada enam merek kopi paracetamol dan sildenafil yang disita BPOM, yakni Kopi Cleng, Kopi Jantan, Kopi Bapak, Spider, Urat Madu, dan Jakarta Bandung.

Baca Juga: 5 Kopi Termahal di Dunia: Capai Rp43 Juta per Kilo, Mengapa Bisa Semahal Itu?

Meski telah diungkap oleh BPOM, nyatanya sejumlah merek yang disebutkan di atas masih beredar di marketplace, termasuk Tokopedia.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan bahwa pihak Tokopedia berkomitmen akan menindak tegas bentuk penyalahgunaan platform.

Penyalahgunaan tersebut termasuk menjual produk ilegal dan berbahaya di Tokopedia.

“Tokopedia menindak tegas segala bentuk penyalahgunaan platform Tokopedia dan/atau pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia,” kata Ekhel, mengutip Kompas.com, Senin (7/3/2022).

Pihak Tokopedia akan menindaklanjuti laporan sesuai dengan prosedur dan menurunkan konten atau produk yang ilegal.

Namun, penurunan konten dilakukan apabila terdapat laporan dari pengguna agar aktivitas di platform tetap sesuai dengan hukum yang berlaku.

Pengguna dapat melaporkan produk yang melanggar ketentuan lewat fitur Pelaporan Penyalahgunaan.

Baca Juga: 5 Fakta Temuan Kopi Saset Berisi Paracetamol dan Sildenafil, Ada 6 Merek hingga Sebabkan Kanker

Selain itu, pihak Tokopedia juga akan bekerja sama dengan BPOM untuk melakukan pengawasan terhadap penjualan obat, kosmetik, dan makanan.

Pengawasan dilakukan, baik di taraf peredaran, pengiriman, promosi, maupun iklan penjualan.

“Ini berkaitan dengan perlindungan konsumen sekaligus upaya memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui Tokopedia,” jelas Ekhels.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x