Kompas TV nasional politik

Fahri Hamzah: Pernyataan Jokowi Soal Penundaan Pemilu seperti Tak Paham Ketatanegaraan

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 14:35 WIB
fahri-hamzah-pernyataan-jokowi-soal-penundaan-pemilu-seperti-tak-paham-ketatanegaraan
Fahri Hamzah memegang segelas jamu racikan sendiri (Sumber: Twitter @Farhrihamzah)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ihwal penundaan pemilu seperti seseorang yang tak paham soal ketatanegaraan. 

"Menurut saya Pak Jokowi tidak terlalu memahami banyak persoalan dalam ketatanegaraan dan harusnya itu kita sadari sejak awal," kata Fahri kepada KOMPAS TV, Senin (7/3/2022). 

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Pemerintah Tak Pernah Bahas Penundaan Pemilu

Ia meminta kepada seluruh rakyat Indonesia yang peduli dengan Presiden Jokowi agar  memberikan pemahaman yang baik kepada mantan gubernur DKI Jakarta tersebut. 

"Kita (harus) membentengi beliau jangan sampai kelemahannya dipakai oleh orang yang punya niat jahat kepada negara kita." 

"Kita sudah harus tahu keadaan ini dan kita selalu harus berkata jujur kepada presiden tentang keadaan. Jangan terus menerus memanfaatkan kelemahan beliau dengan budaya feodal, kita menjerumuskan beliau pada akhir yang tragis," ujarnya. 

Baca Juga: 2 Kali Tolak Perpanjangan Masa Jabatan, Kini Soal Penundaan Pemilu Jokowi Sebut Tunduk ke Konstitusi

Sebelumnya, Presiden Jokowi menanggapi wacana penundaan Pemilu 2024 yang diusulkan para elite politik dari PKB, PAN dan Partai Golkar.

Menurut Jokowi, sebagai wacana penundaan pemilu, tidak bisa dilarang. Namun dalam pelaksanaan, semua pihak, termasuk presiden harus taat dan tunduk pada konstitusi.

”Siapa pun boleh-boleh saja mengusulkan wacana penundaan pemilu dan perpanjangan (masa jabatan presiden), menteri atau partai politik, karena ini kan demokrasi. Bebas saja berpendapat,” ujar Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (4/3/2022), dalam wawancara dengan Kompas.id.

Baca Juga: Soal Penundaan Pemilu, Fahri Hamzah: Orang Sekitar Jokowi Jangan Sampai Ada yang Menjerumuskan

Meski usulan penundaan pemilu, tak dilarang, tetapi saat pelaksanaanya, kontitusi tetap harus ditaati. Tetapi, kalau sudah pada pelaksanaan, semuanya harus tunduk dan taat pada konstitusi.

”Kita bukan hanya taat dan tunduk, tetapi juga patuh pada konstitusi,” tambah Presiden.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x